Sarang Tawon Madu di Karang Balik Berhasil Diamankan

Sarang tawong madu di Karang Balik saat dievakuasi

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Tarakan kembali mengevakuasi sarang tawon madu di RT 01 Kelurahan Karang Balik, Kecamatan Tarakan Barat, pada Selasa, 29 Maret 2022.

Komandan Sektor Tarakan Barat, Lasius  mengatakan pihaknya menerima laporan dari warga RT setempat sekitar pukul 09.50 Wita. Saat itu juga petugas langsung bergegas ke lokasi.

“Kami kerahkan personel regu A sebanyak enam orang. Tidak ada kendala dan memang secara teknis menggunakan karung dan safety sesuai SOP,” ujarnya.

Diperkirakan sarang tersebut baru berumur satu hari. “Proses evakuasi tak berlangsung lama dan hanya membutuhkan waktu 10 menit, personel sudah bisa menaklukkan sarang tawon dan dibawa ke hutan lindung di Gunung Selatan, ” katanya.

Ia mengungkapkan sarang tawon dilepas ke hutan lindung dengan alasan agar ada perkembangbiakan dari tawon.

“Kondisi sarang tersebut belum menghasilkan madu, sehingga wajib dilepaskan,” ungkapnya.

Setelah melakukan evakuasi, petugas melakukan pengusapan atau pengolesan solar ke eks sarang dengan tujuan agar sisa tawon yang masih beterbangan tidak kembali lagi.

Jika melihat data sejak Januari hingga Maret 2022, tercatat untuk laporan warga terkait keberadaan sarang tawon sebanyak lima kali laporan.

“Tiga laporan dan sudah ditindakalnjuti khusus Maret. Yang hari  ini itu lebah madu, kalau dua laporan sebelumnya ada laporan tawon vesoa affinis. Kalau jenis ini lebih ganas Affinis bahkan bisa sampai kematian walau cuma seekor,” ujarnya.

Adapun lebih lanjut dikatakan Lasius, diduga sarang tawon yang dievakuasi kali karena memang lokasinya banyak pohon bebuahan yang sedang berkembang.

“Lebah mengincar sari bunga. Mereka condong berimigrasi ke pohon buah mangga ini. Habitatnya yang pohon berbunga dan kalau belum musim bunga, kalau di pekarangan ada sampah bisa mengundang,” ujarnya.

Ia menambahkan dan mengimbau kepada masyarakat apabila menemukan atau mengalami kasus serupa segera melaporkan ke PMK Animal Rescue di nomor center 112 dan 113.

“Bisa ke Mako Kampung Satu, Sektor Barat di Karang Balik dan Sektor Utara di Juata. Cari sektor PMK terdekat. Karena kami tidak hanya menangani kebakaran tapi juga pengevakuasian binatang,” pungkasnya. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here