Polres Bulungan Diusulkan Jadi Polresta

Rapat koordinasi di Ruang Rupatama Endra Dharmalaksana Polres Bulungan yang diikuti Bupati Bulungan, Ketua DPRD Bulungan, Forkopimda serta segenap unsur masyarakat Bulungan.

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Seiring posisi Tanjung Selor sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) serta adanya proyek strategis nasional, Polres Bulungan membutuhkan dukungan segenap unsur daerah agar dapat ditingkatkan dari tipe D ke tipe C atau Polresta.

Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi di Ruang Rupatama Endra Dharmalaksana Polres Bulungan pada Selasa (10/5/2022) yang diikuti Bupati Bulungan, Ketua DPRD Bulungan, Forkopimda serta segenap unsur masyarakat Kabupaten Bulungan.

Kapolres Bulungan, AKBP Ronaldo Maradona TPP Siregar, SH, SIK menjelaskan, tahapan-tahapan rencana peningkatan tipe Polres Bulungan telah dilaksanakan yang selanjutnya akan diajukan ke pusat.

Begitu pula dengan rencana pembentukan Polres Tana Tidung. Seperti diketahui, Polres Bulungan saat ini masih mewadahi wilayah pemerintahan di Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Tana Tidung.

“Untuk itu kita mohon dukungan dari segenap unsur pemerintahan daerah, Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama di Kabupaten Bulungan agar rencana peningkatan tipe Polres Bulungan dapat terwujud,” ujarnya.

Dijelaskan, kondisi riil saat ini secara umum keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Bulungan cukup kondusif.

Namun dinamika perkembangan daerah mengalami peningkatan karena wilayah Tanjung Selor di Kabupaten Bulungan menjadi Ibukota Provinsi Kaltara serta adanya beberapa proyek strategis nasional yang dilakukan di Bulungan.

“Situasi ini memerlukan aksi-aksi dan antisipasi, salah satunya dengan peningkatan tipe Polres sehingga kesatuan bisa lebih besar,” tandasnya.

Dilanjutkan, dari sisi jumlah personel untuk keseluruhan Polda Kaltara berada di kisaran 34 persen dari jumlah penduduk Kaltara yang membutuhkan penambahan sumber daya organisasi agar bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si menyatakan sepenuhnya mendukung peningkatan status Polres Bulungan menjadi Polresta.

“Ini bukan menjadi keinginan tapi kebutuhan karena ke depannya layanan keamanan dan ketertiban masyarakat di Bulungan memang harus ditingkatkan,” tandas Bupati.

Diterangkan, adanya dinamika pertambahan penduduk serta beberapa proyek strategis nasional di Bulungan harus diiringi pula dengan upaya penyiapan kondisi kamtibmas. Salah satunya menyiapkan kelembagaan Polri berupa peningkatan tipe Polres. (hms)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here