Kunjungan Perdana ke Kaltara, Masalah di Perbatasan jadi Perhatian Pangdam VI Mulawarman

Pangdam VI Mulawarman yang baru, Mayjen TNI Tri Budi Utomo berserta istri dan rombongan saat tiba di Bandara Juwata Tarakan yang disambut Gubernur Kaltara, Zainal A.Paliwang.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Pangdam VI Mulawarman yang baru, Mayjen TNI Tri Budi Utomo berserta istri dan rombongan melakukan kunjungan kerja perdananya ke Kalimantan Utara, tepatnya di Kota Tarakan, Rabu (27/7/2022).

Kodim 0907 Tarakan menjadi Kodim pertama yang dikunjungi Pangdam VI Mulawarman yang baru saja dilantik ini. Selama di Kodim Tarakan, Pangdam menyempatkan memberi arahan kepada seluruh personel TNI AD serta melihat langsung area Makodim.

“Saya prioritaskan (kunjungan perdana di Kaltara, red), karena di Korem 092 Maharajalila ini ada daerah perbatasan. Tentunya banyak sekali kerawanan yang akan timbul,” ujarnya di sela kunjungannya di Tarakan.

Dalam kunjungannya ini, pihaknya juga meminta laporan dari jajarannya di Kaltara terkait kerawanan yang akan timbul. Sehingga bisa menjadi prioritas dalam program kerjanya setelah menjabat.

Selain itu, Kaltara juga nantinya akan menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim yang saat ini tengah berproses. Sebagai penyangga ibukota negara, kata dia, merupakan salah satu prioritasnya meyakinkan daerah perbatasan aman. “Kalau perbatasan aman, berarti di ibukota negara juga aman,” imbuhnya.

Ada beberapa kerawanan yang menjadi perhatiannya. Salah satunya terkait narkoba dan ancaman di perbatasan.

Ia pun menyinggung soal keberhasilan anggotanya mengungkap pelaku peredaran narkotika belum lama ini.

“Narkotika dan barang kebutuhan rumah tangga, daging ilegal yang pernah kami amankan dari peredaran yang ada di perbatasan,” katanya.

Sementara itu Dandim 0907 Tarakan Letkol Inf Reza Fajar Lesmana menambahkan bahwa sebagai Pangdam yang baru, Tri Budi Utomo akan melakukan kunjungan ke seluruh jajaran Kodam, yang dimulai dari Kaltara. Selanjutnya Pangdam dijadwalkan akan mengunjungi Kodim 0911 Nunukan, Korem 092 Maharajalia, Kodim 0903 Tanjung Selor, dan Brigif 24 Bulungan Cakti. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here