Bupati Malinau Raih Penghargaan Bupati Peduli Olahraga

Sekda Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM (paling kiri) mewakili Bupati Malinau Wempi W Mawa menerima penghargaan dari SIWO PWI Pusat setelah dinobatkan sebagai Bupati Peduli Olahraga.

KAYANTARA.COM, JAKARTA -Bupati Malinau Wempi W Mawa dinobatkan sebagai ‘Bupati Peduli Olahraga’ oleh SIWO PWI Pusat.

Penghargaan pun diberikan kepada Bupati Malinau melalui ajang Malam Anugerah Olahraga Golden Awards V SIWO PWI Pusat di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Acara tersebut langsung dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali. Sementara itu, penghargaan yang diterima oleh Wempi W Mawa, diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malinau, Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM.

Diketahui, Bupati Malinau, Wempi Wellem Mawa memiliki dukungan besar terhadap dunia olahraga. Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Malinau ini bahkan selalu memberikan apresiasinya, baik dalam bentuk moral maupun anggaran untuk semua kegiatan olahraga yang digelar di Malinau.

Pria kelahiran 8 Juli Tahun 1973 ini paling hobi bermain sepakbola dan pernah menjadi atlet sepakbola. Bahkan, setiap kali ada kegiatan turnamen sepakbola, beliau selalu ikut serta meski hanya turut meramaikan untuk menyalurkan hobinya.

Support Wempi untuk olahraga di Malinau, terutama setelah Covid-19 sudah melandai langsung memberikan izin untuk melaksanakan kegiatan turnamen. 32 induk cabor di KONI Malinau melaksanakan event olahraga dengan suport anggaran dari Pemkab Malinau melalui KONI. Anggaran untuk KONI, cukup luar biasa dari APBD murni dianggarakan Rp2,5 miliar belum lagi untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltara yang pertama kalinya digelar tahun ini mencapai Rp6 miliar.

Tidak hanya itu, bonus bagi atlet berprestasi tingkat provinsi hingga nasional juga selalu diberikan baik dari kantong pribadi maupun anggaran yang disiapkan melalui KONI Malinau.Setiap kali menghadiri event olahraga, Wempi selalu berpesan sportif dan mendorong seluruh cabor untuk melaksanakan turnamen sebagai langkah mencari bibit baru dari olahraga untuk bisa berprestasi. Kepada generasi muda khususnya, disampaikan Wempi harus menjadi milenial yang mandiri memajukan Malinau di bidang pendidikan dan olahraga.

Sementara itu, Sekda Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM usai mewakili Bupati menerima penghargaan mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi kepada SIWO PWI yang sudah memberikan penghargaan kepada Bupati Malinau, dengan kategori Bupati Peduli Olahraga.

“Setiap Bupati dan Wali Kota punya anggaran, tinggal siapa yang punya komitmen. Komitmen ini yang sangat penting. Saya lihat bapak Bupati memiliki komitmen untuk menggerakkan olahraga,” ungkapnya.

Diakui Ernas, Pemkab Malinau ingin memberikan rasa percaya diri kepada atlet Malinau untuk kembali meriah prestasi setelah sempat vakum akibat pendemi covid-19. Dengan olahraga juga pihaknya bisa memberikan hiburan kepada masyarakat melalui pertandingan atau turnamen yang digelar. Bahkan dengan olahraga, Pemkab Malinau ingin memberikan kepada pelaku UMKM, yang sangat merasakan dampak dari gelaran olahraga yang dilaksanakan.

“Harapan kita, olahraga kita semakin maju,” imbuhnya.

Di tahun ini, Pemkab Malinau melalui KONI Malinau sudah banyak menggelar turnamen di cabang sepak bola, bola voly, badminton dan futsal. Bahkan ada juga Liga Pelajar yang digelar. Selain itu, dari sisi fasilitas olahraga juga sangat diperhatikan oleh Pemkab Malinau. Mulai dari memperbaiki sarana dan prasarana olahraga yang ada di Malinau.

“Anggaran kepada KONI sendiri di tahun ini Rp 2,5 miliar. Itu khusus untuk kegiatan KONI,” ucapnya.

Bahkan dengan gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) I Kaltara, Kabupaten Malinau didapati merupakan daerah yang memberikan anggarannya untuk kontingen Malinau sangat besar. Anggaran untuk khusus Porprov diberikan Pemkab Malinau mendekati Rp 6 miliar. Anggaran itu merupakan anggaran terbesar dari daerah lain yang ada di Kaltara, untuk mengikuti Porprov.

“Kita tidak target juara berapa, karena ini Porprov pertama. Namun yang penting bagaimana kita bisa berpartisipasi, sambil membina atlet kita kedepannya,” pungkasnya. (*)

Sumber: SIWO PWI KALTARA

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here