Musyawarah Ulun Pagun di Malinau Digelar Hari Ini

Persiapan Muspa Malinau yang akan digelar hari ini. (Foto: Sollaimansyah/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, MALINAU – Hari ini, Selasa (24/1/2023) ratusan warga tidung Kabupaten Malinau akan menggelar Musyawarah Ulun Pagun (Muspa) di BPU Desa Malinau Kota.

Rencananya musyawarah ini akan dibuka langsung oleh Bupati Malinau Wempi W Mawa dan dihadiri Ketua PB Forum Komunikasi Warga Tidung (FKWT) Provinsi Kaltara Ibrahim Ali.

Ditemui di lokasi kegiatan, Ketua Panitia Jainaludin menuturkan bahwa  Muspa yang diselenggarakan pada Selasa atau besok tersebut untuk memilih Ketua Umum ditingkat Kabupaten.

“Muspa ini juga yang pertama dilaksanakan di Malinau. Hal itu mengacu pada AD/ART FKWT Provinsi Kaltara,” ungkap Jainal kepada Kayantara.com kemarin.

Disebutkannya dalam Muspa nanti akan dihadiri 400 warga tidung yang  ada di setiap  desa untuk mengajukan sosok ketua sebagai nahkoda organisasi tersebut.

Adapun  desanya di antaranya Desa Malinau Kota,  Desa Malinau Hulu, Desa Malinau Seberang dan Desa Kuala Lapang dan beberapa desa sekitar yang ada di Kabupaten Malinau.

“Nanti warga tidung yang hadir dalam Muspa ini akan dibagi menjadi 4 komisi yang nanti menunjukkan wakilnya sebagai hak suara penuh untuk memilih siapa ketua atau pimpinan FKWT Kabupaten Malinau,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan dalam Muspa yang berlangsung selama satu hari ini disaksikan oleh Ketua Umum PB FKWT Provinsi Kaltara.

“Rencananya pak Ketua Umum Ibrahim Ali akan hadir sekaligus memberikan arahan sebelum dibuka oleh pak Bupati,” ungkapnya lagi.

Ia pun berharap warga tidung yang ada di Kabupaten Malinau ini dapat menyukseskan kegiatan muspa tersebut. “Karena Muspa ini dibentuk sebagai wadah bagi warga tidung untuk menyalurkan aspirasinya dan turut serta dalam pembangunan di Kabupaten Malinau ke depannya,” pungkasnya. (sk)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here