237 Ribu Jiwa Terlindungi JKN, Tarakan Terima Penghargaan UHC Award

Wali Kota Tarakan dr Khairul saat menerima penghargaan UHC Award dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Upaya Pemerintah Kota Tarakan untuk terus mendukung terwujudnya jaminan kesehatan yang menyeluruh dan layanan kesehatan yang berkualitas lagi-lagi memperoleh apresiasi dari Pemerintah Republik Indonesia.

Pada Selasa, 14 Maret 2023, bertempat di Balai Soedirman Jakarta. Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., menerima Piala dan Sertifikat Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Predikat UHC ini diberikan bagi daerah yang di atas 95 persen warganya telah terlindungi oleh layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sejauh ini dari 242 ribu penduduk Tarakan, tercatat 237 ribu jiwa telah terlindungi (97,81 persen) dari jumlah penduduk.

Di antara kepesertaan tersebut, negara menanggung lebih dari 90 ribu warga dengan rincian 65 ribu jiwa ditanggung oleh pusat, 4 ribu oleh Provinsi Kaltara, 21 ribu di antaranya dijamin secara penuh oleh Pemerintah Kota Tarakan.

Di samping itu, layanan kesehatan di Kota Tarakan juga terus ditingkatkan baik dari sisi promotif x preventif, kuratif, hingga rehabilitatif.

Upaya ini pun sesuai dengan amanat Wakil Presiden RI, K.H. Prof. Dr. Makruf Amin, yang hadir pada penyerahan penghargaan tersebut.

Yaitu agar daerah dapat mendukung terwujudnya UHC dalam bentuk pendanaan yang kuat dan berkesinambungan, memastikan para pemberi kerja mendaftarkan pekerjanya bersama keluarga tanpa terkecuali, serta agar Pemerintah Daerah terus berupaya mendorong peningkatan layanan kasehatan.(adv/hms)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here