Nunukan Bertekad Kurangi Sampah Plastik di Sekitar Budidaya Rumput Laut

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono saat mengunjungi budidaya rumput laut di Mamolo, belum lama ini.

KAYANTARA.COM, NUNUKAN – Pemerintah Kabupaten Nunukan berkomitmen mengatasi masalah sampah plastik di sekitar usaha budidaya rumput laut. 

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Nunukan Hanafiah sebagai tindaklanjut kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono ke Kabupaten Nunukan, pada 30 Maret 2023 lalu.

Menurutnya, langkah positif ini tidak hanya dapat memberikan nilai tambah lebih pada usaha budidaya rumput laut, melainkan juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Bahkan diprediksi akan terjadi penataan pesisir di tempat tempat usaha budidaya rumput laut terkonsentrasi.

“Kita juga harus memperhatikan lingkungan sekitar kita terutama adanya sampah-sampah plastik yang menjadi residu akibat kegiatan usaha budidaya rumput laut yang dikembangkan,” kata Wabup, Sabtu (8/4).

Namun untuk mewujudkan ini, Pemkab Nunukan membutuhkan dukungan dari masyarakat dan pemerintah pusat agar menjadikan sampah plastik dijadikan bermanfaat. Misalnya diolah sebagai substitusi atau pengganti bahan lantai jemur pengeringan rumput laut.

“Sehingga dimungkinkan Kabupaten Nunukan kedepannya bisa zero waste dalam hal mengurangi sampah-sampah plastik tersebut,” tukasnya. (adv/kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here