Ini Batas Akhir Pendaftaran Pemagangan Dalam Negeri 2023

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Program Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2023 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali dibuka. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang manual, kali ini dilakukan secara online.

Adapun pendaftaran secara daring untuk berbagai lowongan kerja bisa dilakukan melalui website https://siapkerja.kemnaker.go.id. Sementara program Magang bisa dipilih melalui website https://ayomagangvokasi.id.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltara, Haerumuddin, S.H., M.AP, melalui Kepala seksi (Kasi) Pelatihan dan Produktivitas, Jusman, S.Sos pun membenarkan bahwa telah membuka kegiatan yang dibiayai Dana Dekonsentrasi (APBN) ini sejak Rabu 24 Mei 2023 lalu.

“Sudah tayang di akun Instagram resmi Disnakertrans Kaltara. Untuk waktu pendaftaran lowongan kerja dalam program ini dimulai sejak 24 Mei 2023 dan ditutup 28 Mei 2023,” ujar Jusman.

“Sementara jadwal seleksi wawancara dilakukan tanggal 29-31 Mei 2023. Pengumuman hasil seleksi pada tanggal 5 Juni 2023. Sedangkan pelaksanaan magang dimulai 8 Juni-8 November 2023,” ucapnya.

Jusman menuturkan bahwa program pemagangan merupakan program dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI).

Pogram Pemagangan Dalam Negeri sendiri, menjadi strategi pemerintah untuk mempertemukan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri terhadap tersedianya tenaga kerja yang kompeten dan berpengalaman dengan pencari kerja untuk bisa bekerja di dunia usaha dan dunia industri.

Tahun ini, terdaftar ada 17 perusahaan di Kaltara siap menerima tenaga magang dengan target 144 jabatan. Para peserta juga akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 1 juta per bulannya.

“Target kami (Disnakertrans Kaltara,red), 144 jabatan pemagang terisi. Kita optimis bisa tercapai, ini bisa dilihat dari minat peserta magang yang dari tahun ke tahun semakin bertambah,” tutupnya. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here