Disdikbud Kaltara Tambah 10 Ruang Kelas SMA di Tarakan

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara, menambah 10 jumlah rombongan belajar (rombel) atau ruang kelas pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Tarakan tahun ini.

Sekretaris Disdikbud Kaltara sekaligus Ketua PPDB Kaltara 2023/2024, Sudarsono menjelaskan, penambahan rombel berdasarkan perintah langsung dari Gubernur Kaltara, Drs H Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum. Kebijakan ini dilatarbelakangi tingginya ketimpangan antara kuota tersedia dengan jumlah pendaftar.

“Berdasarkan perintah Pak Gubernur untuk menindaklanjuti persoalan tahun kemarin, kami menambah 10 rombel untuk SMA di Tarakan,” kata Sudarsono, belum lama ini.

Lanjut dia, jumlah rombel di SMAN 1 Tarakan dan SMAN 2 Tarakan masing-masing bertambah dua rombel menjadi dua belas rombel, SMAN 3 Tarakan bertambah dua rombel menjadi sepuluh rombel dan SMAN 4 Tarakan bertambah empat rombel menjadi delapan rombel.

“Insya Allah kita ada penambahan kekuatan (daya tampung) dengan adanya 10 rombel baru ini,” ujarnya.

Sementara itu, Disdikbud Kaltara menambah satu satuan pendidikan baru untuk SMA di Kabupaten Nunukan. Lokasinya berada di Jalan Sungai Bilal, Kecamatan Nunukan. “Kita menambah satu sekolah baru dengan membuka SMAN 3 Nunukan yang berada di Sungai Bilal,” jelasnya.

Keberadaan SMAN 3 Nunukan sudah melalui survei yang dilakukan Universitas Borneo Tarakan (UBT). Hasil survei menunjukkan bahwa sekolah tersebut layak dibuka di sana.

“Hasil survei tim dari UBT (menyatakan) bahwa layak di sana. Kita berharap anak anak yang tidak tertampung (SMA) negeri di kota, bisa ter-backup di sana,” tuntasnya. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here