Kaltara Siap jadi Tuan Rumah Rakor Kepegawaian Regional Kalimantan

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Kaltara terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan rapat koordinasi (Rakor) Kepegawaian Tahun 2023.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara, Dr H Suriansyah, M.AP menyampaikan bahwa progres kesiapan penyelenggaraan Rakor Kepegawaian lingkup Regional Kalimantan tersebut berjalan dengan baik.

Demikian disampaikan Sekprov dalam keterangannya usai dijumpai di ruang kerjanya pada, Jumat (9/6). “Tentang pelaksanaan Rakor Kepegawaian, sebagai tuan rumah Kaltara dalam keadaan siap. Mulai dari sisi perangkat daerah termasuk sarana dan prasarana pendukung,”ujar Sekprov Suriansyah.

Sekprov menuturkan bahwa secara keseluruhan, kesiapan penyelenggaraan Rakor Kepegawaian sudah pada tahap 85 persen. Sekprov menambahkan, tinggal melakukan pemantapan dan pembahasan ketika Tim Advance tiba di Kaltara.

“Secara keseluruhan, ini sudah dalam kondisi siap. Tinggal ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian kita termasuk membentuk kepanitian kecil,” tutur Suriansyah.

Ia berharap agar seluruh pihak yang terlibat dapat saling membantu dalam merancang dan mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan kesuksesan Rakor Kepegawaian di Kaltara.

“Dalam pelaksanaannya saya berharap seluruh perangkat daerah bahu membahu dalam mensukseskan Rakor Kepegawaian Regional Kalimantan di Provinsi Kaltara,” katanya.

“Perhatikan secara mendetail, mengingat peserta berasal dari provinsi se-Kalimantan dan tentunya Kaltara sebagai tuan rumah diharapkan mampu memberikan kesan yang baik,” tambahnya.

Tidak lupa, Sekprov Kaltara juga meminta dukungan dari seluruh masyarakat Kaltara untuk ikut mensukseskan dengan tetap menjaga keamanan dan kedamaian yang sudah ada selama ini.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara, Firmananur menyebutkan pelaksanaan rapat koordinasi kepegawaian ini jika sesuai jadwal akan digelar pertengahan Juni pekan depan.

“Rapat koordinasi kepegawaian ini diantaranya BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) kabupaten kota se Kalimantan ditambah dari BKD se-Kalimantan,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat telah menggelar Rakornas Kepegawaian beberapa waktu lalu. Peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur sipil negara (ASN), utamanya kualitas kepemimpinan ASN di berbagai level, menjadi perhatian serius bagi pemerintah.

Akselerasi kualitas SDM ASN ini dapat dikelola melalui penerapan manajemen talenta untuk memilah dan memilih calon-calon pemimpin di berbagai tingkatan organisasi.

“Komitmen untuk mendorong kebijakan manajemen talenta merupakan bagian dari agenda strategis nasional dalam mewujudkan visi reformasi birokrasi, yakni Pemerintahan Kelas Dunia di tahun 2024,” tutur Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian Tahun 2023.

Wapres menguraikan sejumlah langkah sistematis yang sebaiknya dilakukan berbagai pemangku kepentingan di instansi pemerintah dalam menyukseskan penerapan manajemen talenta ASN. Langkah pertama, dengan memperkuat langkah kolaborasi dalam mewujudkan peta jalan kebijakan manajemen talenta nasional.

“Petakan kendala yang dihadapi dalam empat tahun terakhir ini, baik di level nasional maupun daerah, serta di setiap instansi yang beragam ekosistemnya,” urainya.

Kedua, lanjut Wapres, merumuskan langkah-langkah konkret yang bersifat terobosan, utamanya pada aspek regulasi yang sekiranya belum selaras dengan penerapan manajemen talenta di semua tingkatan.

Ketiga, para talenta birokrat yang telah dipetakan dan dibina secara khusus agar dibekali dengan visi dan semangat pencegahan dan pemberantasan korupsi, penyalahgunaan kewenangan, serta pola hidup sederhana. “Keempat, saya minta agar kebijakan manajemen talenta nasional juga memperhatikan peran strategis ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa,” imbuh Wapres.

Wapres mengungkapkan, pemerintah mencita-citakan ASN Indonesia tidak hanya berdaya saing, unggul, dan andal, tetapi juga cerdas, lincah, dan memiliki empati yang menandakan kecerdasan emosional. Talenta-talenta terbaik ini harus diciptakan secara terukur dari waktu ke waktu, sehingga keberadaannya akan berkesinambungan. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here