Ramai Dikunjungi, Tepian Sungai Kayan ‘Disulap’ jadi Taman Baca Anak

Tampak anak-anak didampingi orangtua tengah asyik membaca buku di Tebu Kayan

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Area tepian Sungai Kayan, tepatnya di sepanjang Jalan Katamso Tanjung Selor Kabupaten Bulungan yang menjadi tempat berkumpul kegiatan kabupaten sehat dan layak anak atau yang biasa disebut Tebu Kayan, merupakan tempat yang ramai di kunjungi warga di akhir pekan.

Memanfaatkan momen ini, Komunitas Belajar Bumi Tenguyun hadir membuka pojok baca. Gerakan ini dilakukan agar anak-anak yang bermain di Tebu Kayan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sekaligus juga sebagai wadah meningkatkan minat bacanya.

“Tebu Kayan bukan hanya tempat kuliner dan olahraga, kami juga ingin memberi warna lain dengan membuka tempat membaca buku. Kebetulan juga kami adalah Fasda Literasi, maka kegiatan ini kami rasa sangat menarik untuk dilakukan,” ujar Nurul selaku kordinator Pojok Baca Bumi Tenguyun.

Pojok Baca Bumi Tenguyun dibuka setiap hari Minggu dari jam 7 hingga 9 pagi. Dalam setiap kegiatannya, bisa hadir 10 sampai 40 anak yang berkunjung membaca buku.

Tidak hanya memfasilitasi beragam buku bacaan anak yang menarik, rencana kedepanya komunitas ini juga akan melakukan penilaian asesmen diagnostik kepada anak yang berkunjung untuk mendukung peningkatakan kemampuan literasinya.

“Saya suka ke tempat ini kerena di sini banyak buku. Buku kesukaan saya adalah bucu cerita dongeng ini,” kata salah seorang anak sembari memamerkan buku bacaannya.

Anggota Komunitas Belajar Bumi Tenguyun membawa buku-buku pribadinya dalam kegiatan ini. Ada pula yang meminjam dari perpustakaan sekolah dan membawanya ke pojok baca.

Anak-anak ramai dengan tawa ceria di wajah mereka ketika membaca buku, menjadi alasan anggota Bumi Tenguyun rutin menyisihkan waktu akhir pekan mereka di tempat ini.

Harapannya semoga kegiatan ini dapat menginspirasi komunitas-komunitas lainya untuk juga aktif bergerak menumbuhkan literasi di Kabupaten Bulungan. (*/kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here