Sinergitas TNI-Polri, Bangun Rumah Belajar dan Perpustakaan Bagi Anak-anak Perbatasan

KAYANTARA.COM, NUNUKAN – Wujud dedikasi untuk negeri dan bakti di Tapal Batas NKRI, TNI-Polri secara gotong royong membangun Rumah Belajar dan Perpustakaan bagi anak-anak perbatasan di Desa Binalawan Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan.

Rumah Belajar dan Perpustakan ini diresmikan secara langsung oleh Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandia, S.I.K., M.H didampingi ketua Bhayangkari Cabang Nunukan Melly Taufik pada Rabu, 05 Juli 2023.

Kapolres Nunukan mengatakan, Taman Belajar dan Perpustakaan ini disediakan bagi anak-anak, khususnya yang orang tuanya buruh migran.

Lanjutnya, untuk saat ini Polres Nunukan sudah menyediakan dua Rumah Belajar, salah satunya berada di Kampung timur, Kelurahan Nunukan Barat, Nunukan. Dan satunya yang diresmikan di Desa Binalawan.

Polres Nunukan berkolaborasi dengan Wahana Pendidikan Perbatasan yang mana berorientasi pada pendidikan usia dini dengan sasaran buta aksara, anak putus sekolah, pendampingan anak dalam belajar, dan memfasilitasi anak untuk dapat melanjutkan pendidikan baik Formal maupun Program Paket dan terkait kelengkapan data diri seperti akte, kartu keluarga dan lainnya.

“Ada beberapa Personel Polres Nunukan yang ikut dan terlibat sebagai Relawan Wahana Pendidikan Perbatasan / WPP. Kegiatan tersebut dilakukan baik saat melaksanakan patroli ataupun membagi waktu setelah Jam Dinas,” terang Kapolres.

Sebagai Polri yang bertugas di perbatasan, personel Polres Nunukan ikut peduli pada pendidikan yang menjadi salah satu point untuk meningkatkan Kesadaran Hukum, Tertib di Lingkungan Sosial serta membangun SDM, dengan demikian dapat menekan terjadinya Tindak Pidana.

Harapannya dengan adanya rumah belajar anak-anak yang awalnya tidak dapat membaca akhirnya bisa membaca, yang awalnya putus sekolah bisa lanjut bersekolah dengan kolaborasi dengan sekolah terdekat. Dan memberikan bantuan berupa tas sekolah, alat belajar hingga baju sekolah untuk anak-anak tersebut.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi sehingga Rumah Belajar ini hadir di tengah-tengah kita, dan diharapkan kedepan dapat lebih ditingkatkan sarana dan prasarananya,” tutup Kapolres. (adv)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here