ASN Pemprov Diminta Kembangkan Dua Hal

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) diminta untuk memiliki 2 hal yakni potensi dan kompetensi.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Kaltara, Suriansyah mengatakan potensi adalah kemampuan dan kekuatan seseorang baik secara fisik maupun mental bisa berkembang saat adanya pelatihan yang baik.

“Sedangkan kompetensi itu ada 3 hal didalamnya diantaranya pengetahuan, keterampilan dan sikap atau attitude. Ini yang penting dimiliki oleh setiap ASN,” ucap Suriansyah.

Kata dia, diantara kedua hal tersebut terdapat 2 hal lagi yakni Hard Skill dan Soft Skill. Di mana pengetahuan dan keterampilan sangat erat kaitannya dengan hard skill sedangkan yang berkaitan dengan soft skill adalah sikap.

“Jadi keduanya harus seimbang antara otak kanan dan otak kiri. Soalnya ada orang yang punya pengetahuan dan keterampilan tapi sikapnya tidak bagus. Ada juga orang sikapnya yang baik tapi pengetahuannya yang kurang,” jelasnya.

Dia menjelaskan kebersihan seseorang biasanya karena memiliki soft skill yang baik, bukan dari hard skill-nya. Untuk itu semua ASN harus memiliki keduanya sehingga seimbang. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here