Ketua TP-PKK Kaltara Bangkitkan Semangat dan Inspirasi dalam Giat PPMS-KT

KAYANTARA.COM, SEKATAK – Memberikan bimbingan dan motivasi merupakan salah satu tugas dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK). Hal ini diwujudkan oleh Ketua TP-PKK Kalimantan Utara (Kaltara) Hj. Rachmawati Zainal, S.H., diantaranya menjadi narasumber dalam sosialisasi pendidikan yang diinisiasi oleh Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Sekatak Kota Tarakan (PPMS-KT).

Dalam sosialisasi yang mengusung tema “Peran Lingkungan Keluarga dan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat dan Semangat Belajar Anak di Era Digitalisasi” ini, dihadiri oleh Sekcam Sekatak, Forkopimcab, tokoh Adat dan Masyarakat, Tenaga Pendidik, pelajar tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, serta kelompok mahasiswa KKN angkatan 19 Universitas Borneo Tarakan (UBT).

Pada sosialisasi yang digelar di Balai Urusan Adat (BUA) Desa Kelembunan Sekatak, Kabupaten Bulungan ini, Rachmawati menyampaikan materi tentang peran orang tua dalam proses pendampingan pembelajaran kepada anak dan tentang motivasi.

Baginya, orang tua mempunyai peranan penting, karena menjadi lembaga pendidikan pertama dan utama pribadi anak.

“Keikutsertaan orang tua dalam segala aktivitas anak akan membantu orang tua dalam memahami karakter anak dan kenyamanan bagi anak,” katanya.

Ia mengingatkan, peran orang tua ini dan lingkungan adalah kunci kesuksesan anak. Peranan orang tua diantaranya adalah sebagai teladan, motivator, dan pengawasan.

“Beri contoh yang baik dihadapan anak, karena anak melihat dan meniru kebiasaan yang kita lakukan,” pesannya, Selasa (18/7/2023).

Beberapa contoh praktis ia berikan kepada peserta yang hadir, terkhusus kepada orang tua dan pengajar. Contoh bagaimana ia melakukan pendekatan kepada anak-anaknya ketika menanyakan tentang cita-cita.

Sejak dini, ia membantu mengarahkan anak-anaknya mewujudkan cita-cita mereka. Baginya, orang tua tidak boleh memaksakan anak untuk mengikuti apa yang menjadi keinginan orang tua hanya karena tuntutan lingkungan atau gengsi semata.

Ia mengajak para orang tua untuk memberikan dukungan terhadap bidang yang diminati anak. Dukungan ini nantinya dapat menjadi motivasi dan landasan bagi anak untuk bertanggung jawab atas pilihan yang putuskan. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here