Susur Sampah, Lindungi DAS Kayan

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Belasan komunitas sosial, peduli perempuan, hingga lingkungan melakukan aksi sosial bersama, susur sampah tepian Sungai Kayan, Minggu (30/7). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari sungai nasional pada 27 Juli 2023 lalu.

Koordinator kegiatan, Hajarirawan, mengatakan, kegiatan di inisiasi oleh Komunitas Pendaki Kalimantan, yang kemudian didukung oleh kawan-kawan komunitas lain untuk gerak bersama. Setidaknya ada sekitar 16 komunitas turut bergabung, dan melakukan aksi sosial bersama, semangat lindungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kayan, dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi di Sungai.

“Kami dari komunitas, mengajak masyarakat sadar akan keberadaan dan manfaat Sungai Kayan sebagai sumber dari kehidupan, bagi manusia juga ekosistem didalamnya,” ujarnya.

Dari kegiatan tersebut, diharapkan kedepan tidak lagi sampah plastik tertinggal atau di tinggalkan di sepanjang siring (Tepian Sungai Kayan). Tentunya dengan begitu dipastikan masyarakat sadar akan sampah yang diproduksi salah satunya dari jajanan cepat saji, kemudian tak meninggalkan atau membuang sembarangan apalagi ke sungai, tetapi membuangnya ke tempat sampah yang disediakan.

“Memaksimalkan hal itu, kami juga berharap pemerintah terkait, bisa menambah jumlah tong sampah di setiap tempat-tempat umum, atau di sepanjang siring. Sehingga Kita juga tidak kesulitan atau malas untuk mencari tempat sampah ketika ingin membuang sampah,” katanya.

“Tidak membuang sampah di Sungai berarti kita telah ber terimakasih kepada Sungai dan alam. Mari kita hidup berdampingan dengan saling menjaga. Mari lindungi DAS Kayan,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama juga digelar gerakan nasional pembagian 10 juta bendera merah putih, menyambut HUT ke 78 pada 2023 ini, oleh Pemkab Bulungan. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Septi Ding, mengungkapkan apresiasi komunitas dalam rangka menjaga kebersihan Sungai Kayan khususnya tepian sungai Kayan yang saat ini menjadi lokasi Tebu Kayan setiap akhir pekan. (**)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here