Apresiasi Pemohon SIM C di Polres Malinau, Akui Lintasan Baru Berbentuk “S” Lebih Mudah

KAYANTARA.COM, MALINAU – Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Malinau melalui Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM secara resmi mengumumkan bahwa materi ujian praktek memperoleh Surat Ijin Mengemudi (SIM) untuk sepeda motor (SIM C) telah berganti.

Ujian praktek untuk memperoleh SIM C yang semula membentuk angka 8 dan zig-zag, hari ini resmi diganti dengan lintasan membentuk huruf “S”, Senin (7/8).

Penggantian materi ujian SIM C tersebut, disampaikan langsung Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Lantas Polres Malinau IPDA Ansar seperti dimaksudkan dalam Keputusan Kakorlantas Polri Nomor Kep/105/VIII/2023 tanggal 4 Agustus 2023 tentang ketentuan pelaksanaan Uji Praktek penerbitan SIM.

“Kami menerapkan lintasan baru ujian SIM C secara resmi mulai hari ini. Jadi untuk uji praktek selanjutkan jalur inilah yang digunakan. Intinya, lintasan baru ini kita terapkan sesuai perintah Kakorlantas Polri. Seperti belokan angka 8 diganti sekarang jadi belokan menyerupai huruf “S”,” ungkap Kasat Lantas Polres Malinau IPDA Ansar

Tidak hanya mengganti lintasan, Satlantas Polres Malinau juga meningkatkan lebar lintasan menjadi lebih luas dari yang sebelumnya. Dengan lebar lintasan yang lebih besar, para calon pengemudi akan memiliki lebih banyak ruang untuk melakukan ujian dalam kecepatan yang berbeda dan berkendara secara optimal.

Langkah ini mendapat respon positif dari masyarakat, salah satunya dari warga Desa Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang yakni sdr. Dave Andhika Lasung, yang pada siang ini berkesempatan menjadi orang pertama yang mencoba lintasan model baru uji praktek SIM C di Mapolres Malinau.

Dave mengaku, tingkat kesulitan jalur model baru jauh lebih mudah dibanding sebelumnya. Menurutnya, uji praktek tersebut mengandalkan kepekaan pengemudi, terutama kemampuan melalui jalan berbelok.

“Saya kebetulan mengurus SIM C, jalur untuk ujian praktek sudah berubah model baru, bagus dan nyaman, lumayan singkatlah intinya. Tadi ada dua jalur belok, yang jalur bentuk “S” menurut saya mudah, hanya di ujung jalur tikungan yang perlu hati-hati,” pungkas Dave

Dengan perubahan ini, Polres Malinau kembali menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dan kualitas pengendara di wilayah Kabupaten Malinau.

#Agg

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here