ASEAN Fest 2023, Dorong Inklusi Keuangan di Daerah Pedesaan

KAYANTARA.COM, JAKARTA – Mewakili Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A Paliwang, S.H., M.Hum, Kepala Biro Perekonomian Kaltara, H. Rohadi, SE.,M.AP hadir dalam Seminar on Financial Inclusion: Accelerating Financial Inclusion to Empower Remote Regions and Rural Communities of ASEAN yang gelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Hall B, Jakarta Convention Centre (JCC), Kamis (24/8/2023). Turut mendampingi Kepala OJK Kalimantan Timur (Kaltim), Made Yoga Sudharma.

Rohadi menuturkan, kegiatan semianar tersebut berfokus pada komparasi antara negara ASEAN dalam meningkatkan inklusi keuangan khususnya di wilayah pedesaan.

“Seminar ini diikuti 11 negara ASEAN termasuk Negara Timor Leste, lalu pemaparan dari beberapa peserta terkait berat practice agar dapat diadopsi oleh negara ASEAN lainnya,” tuturnya.

Hasil survei OJK pada tahun 2022 menunjukkan bahwa tingkat literasi dan inklusi keuangan di daerah pedesaan hanya mencapai 48,43 persen dan 82,69 persen lebih rendah dari perkotaan dengan angka 50,52 persen dan 86,73 persen.

“Maka dari, dari seminar tersebut diperlukannya suatu dorongan agar pelaksanaan literasi dan inklusi keuangan dapat semakin ditingkatkan lagi, khususnya daerah pedesaan,” jelasnya.

Diketahui, Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah atau Chairmanship ASEAN 2023. Tentu, menjadi tuan rumah adalah peluang besar bagi Indonesia untuk berkontribusi dalam mengatasi tantangan dan risiko dalam pemulihan ekonomi global melalui kepemimpinan dalam forum ASEAN. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here