Mengenal Aipda Subandi, Personel Polres Malinau yang Kini Sukses Kembangkan Usaha Pengelolaan Ban Vulkanisir

KAYANTARA.COM, MALINAU – Menjadi seorang anggota Polri bukan berarti tidak bisa eksis di dunia lainnya. Asalkan, dapat membagi waktu dan tidak menganggu jam dinas dalam beraktifitas atau mengisi dengan kegiatan yang positif lainnya yang bisa dilakukan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh personel Polres Malinau, Ajun Inspektur Polisi Dua (AIPDA) Subandi yang saat ini diamanahkan menjabat sebagai PS. Kasubsi PIDM Sihumas Polres Malinau berhasil menggeluti sebuah usaha pengelolaan ban vulkanisir.

Saat ditemui, AIPDA Subandi menceritakan bagaimana jatuh bangunnya dalam menggeluti dunia pengelolaan ban vulkanisir hingga bisa dikatakan sukses seperti sekarang ini.

“Awalnya pada tahun 2019, saya mencoba browsing di internet untuk membuat pot bunga dari ban bekas, ternyata lumayan sulit,” ujar AIPDA Subandi akhir pekan lalu, Sabtu (2/9/2023).

Perjuanganya tidak sampai disitu, AIPDA Subandi tidak putus asa dan terus browsing di internet hingga pada akhirnya menemukan cara memanfaatkan ban bekas untuk di vulkanisir.

“Saya coba terus browsing, dan akhirnya saya menemukan ide untuk membuka pengelolaan ban vulkanisir. Setelah saya coba, ada 4 orang kawan saya untuk menggunakan ban vulkanisir itu sebagai uji coba. Dan ternyata setelah satu bulan di pakainya berhasil dan awet, dari tahun itulah usaha pengelolaan ban vulkanisir saya berkelanjutan sampai sekarang ini,” pungkasnya

AIPDA Subandi menambahkan, sejumlah bahan yang di datangkan tersebut juga berasal dari luar daerah. Selain itu, hingga saat ini usaha pengelolaan ban vulkanisirnya tersebut tetap berjalan dan saat ini sudah memiliki dua karyawan yang diberdayakan untuk mengoptimalkan berjalannya usaha tersebut.

“Alhamdulilah, sekarang saya sudah ada dua tenaga karyawan untuk menjalankan usaha ini sehingga sampai saat ini masih terus berjalan,” tuturnya

Ditempat terpisah, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kabag SDM Polres Malinau AKP Basuki, Suwito, S.H., berpesan kepada seluruh jajaran Polres Malinau yang memiliki usaha mandiri tersebut guna peningkatan kesejahreraan anggota Polri melalui usaha mandiri agar tetap sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Ini adalah kegiatan positif yang dilakukan AIPDA Subandi, tetap semangat untuk mengembangkan usahanya dalam rangka membantu perekonomian. Kegiatan ini juga dilaksanakan guna mendorong Pegawai Negeri Pada Polri (PNPP) Polres Malinau untuk memiliki usaha mandiri guna peningkatan kesejahteraan anggota Polri melalui usaha mandiri namun jangan sampai mengganggu kedinasan, karena pekerjaan sebagai anggota Polri adalah yang paling utama, tetap semangat untuk mengabdi kepada masyarakat,” pesan Kabag SDM AKP Basuki, Suwito, S.H.

#Agg

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here