Hari Keempat Operasi Zebra Kayan 2023, Ditlantas Polda Kaltara Bagikan Pamflet Kepada Pengguna Jalan

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Memasuki hari ke-empat Operasi Zebra Kayan 2023, jajaran Ditlantas Polda Kaltara terus bergerak melakukan berbagai kegiatan, baik bersifat preemtif, preventif hingga penegakan hukum secara tegas dan profesional, Kami (07/09/2023)

Salah satunya adalah dengan memberikan edukasi secara masif kepada seluruh lapisan masyarakat melalui penyebaran pamflet. Pamflet berisi edukasi tertib berlalu lintas tersebut dibagikan kepada para pengguna jalan tepatnya di Pelabuhan Kulteka Selor dan Pasar Induk Tanjung Selor.

Saat lampu lalu lintas menyala warna merah, sejumlah petugas langsung bergerak menyapa para pengendara yang kebetulan melintas dijalan tersebut. Petugas pun menyampaikan infomrasi bahwa selama 14 hari Ditlantas Polda Kaltara menggelar operasi yang bertajuk Operasi Zebra Kayan 2023.

Selain itu, petugas juga membagikan pamflet tentang seluk beluk operasi zebra lengkap dengan berbagai tips berkendara yang aman dan berkeselamatan. Bukan itu saja, pamflet tersebut juga menginformasikan sasaran operasi khususnya pada pelanggaran yang berakibat fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Dirlantas Polda Kaltara Kombes Pol I Made Kusuma Jaya, S.H., S.I.K., M.H melalui Wadirlantas Polda Kaltara AKBP Reza Pahlevi, S.I.K. menegaskan, Operasi Zebra Kayan 2023 ini mengedepankan kegiatan preventif humanis.

“Brosur yang dibagikan berisi informasi penting mengenai aturan lalulintas, pentingnya mengikuti rambu-rambu lalulintas, serta tips berkendara yang aman., kita juga sosialisasi dilakukan melalui media sosial agar lebih bisa menjangkau masyarakat lebih luas.” Ujarnya.

Sebagai informasi, Operasi Zebra Kayan 2023 yang digelar mulai tanggal 4 sampai dengan 17 September 2023 tersebut merupakan operasi Harkamtibmas bidang lalu lintas yang dimotori oleh fungsi lalu lintas Polri dan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakan hukum secara elektronik/teguran simpatik.

Dalam operasi ini terdapat beberapa target khusus yang menyasar berbagai pelanggaran lalu lintas yang berakibat fatalitas diantaranya pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, melebihi batas kecepatan dan pengendara Ranmor dibawah umu.

Selain itu pelanggaran seperti pengendara yang tidak mengenakan helm standar (SNI) ataupun safety belt, pengemudi dibawah pengaruh Narkoba atau Miras, menggunakan HP saat berkendara dan melawan arus juga menjadi prioritas penindakan.

Dengan adanya pengaturan lalu lintas dan kegiatan pemberian brosur keselamatan ini, diharapkannya, dapat menciptakan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga keselamatan saat berada di jalan raya, Punkas AKBP Reza Pahlevi, S.I.K. (adv)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here