Bangun Semangat Keberagaman di Bumi Intimung, Gubernur Apresiasi Pemecahan Rekor Dunia Sa’ung Terbanyak

KAYANTARA.COM, MALINAU – Semangat keberagaman menjadi tema besar dalam pelaksanaan Irau ke-10 dan HUT ke-24 Kabupaten Malinau tahun ini. Tampak Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum – Dr. Yansen TP, M.Si, turut menghadiri agenda tahunan ini di Lapangan Pro Sehat Intimung, Sabtu (6/10/2023).

Gubernur mengungkapkan rasa haru dan bangganya dalam rangkaian acara ini. “Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, saya sangat bangga dan berbahagia dapat bersilaturahmi bersama saudara-saudara dalam suasana yang hangat,” ucap Zainal (sapaan akrab Gubernur Kaltara).

Rangkaian dimulai dengan acara penyambutan secara adat, dilanjutkan dengan acara pembukaan HUT yang dihadiri oleh Bupati Malinau Wempi W. Mawa, SE., Wakil Bupati Malinau Jakaria, SE., M.Si., Perwakilan Kepala Daerah, serta Tokoh Masyarakat Kabupaten Malinau.

Kemudian, acara berlanjut dengan pawai karnaval yang diikuti oleh seluruh etnis, paguyuban, opd, dan seluruh unsur masyarakat. Peserta berjalan kaki melintas di depan panggung Padan Liu’ Burung, menggunakan sa’ung/kedabang (Topi Adat Khas adat Kalimantan) menuju area Kantor Kecamatan Malinau Kota.

Gubernur menilai antusiasme masyarakat mengikuti rangkaian ini sangat tinggi, terlihat dari semangat mereka mengikuti serta menyaksikan acara ini penuh semangat meskipun cuaca panas terik cukup menyengat.

“Semoga seiring bertambahnya usia ini, Kabupaten Malinau dapat segera terwujud sebagai daerah yang mandiri, damai, dan sejahtera,” tutup Zainal dalam sambutannya.

Di sela-sela acara, Pemerintah Kabupaten Malinau serta masyarakat yang turut dalam karnaval budaya dengan menggunakan kedabang/sa’ung berhasil memecahkan rekor baru, yang langsung dinilai oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Rekor Dunia. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here