Bunda Literasi Kaltara Ajak Gen Z Kritis dan Tidak Mudah Terprovokasi

Bunda Literasi Kaltara Hj. Rahmawati Zainal saat mengunjungi SMAN Tarakan

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Bunda Literasi Kalimantan Utara (Kaltara), Hj. Rahmawati Zainal, S.H., sambangi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Tarakan dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia ke-52 Tahun 2023, Jumat (17/11).

“Pada kesempatan yang baik ini izinkan saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang telah membantu proses pembelajaran sebagai bekal untuk dapat membedakan sumbe-sumber belajar yang benar, signifikan, yang dapat memberikan manfaat,” ucap Rahmawati mengawali sambutannya.

Dirinya berharap sosialisasi dan tatap muka secara langsung dapat memantik semangat serta membangkitkan kesadaran masyarakat terutama generasi Z yang lebih luas lagi.

“Karena saat ini banyak sekali informasi yang membingungkan, bahkan misleading sehingga terjadi kebingungan atas kebenaran suatu informasi. Disinilah pentingnya literasi digital yang baik,yang bisa dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat,” tambah Rahmawati.

Penting bagi Rahmawati agar masyarakat terus meyaring informasi, berita palsu yang beredar secara massif yang retan menimbulkan kesalahpahaman.

“Penting bagi masyarakat Kaltara khususnya remaja untuk melek literasi, sehingga tidak ikut arus informasi yang kurang tepat,” imbaunya.

Generasi Z yang tumbuh dan berkembang di era revolusi digital penting baginya sebagai penyaring awal yang memverifikasi suatu informasi apakah layak atau tidak untuk disebarkan.

“Saya mengharapkan generasi Z kota Tarakan memiliki pola pikir dan pandangan kritis dalam menyikapi isu yang berkembang, dan tidak mudah terprovokasi, memahami aturan, norma dan etika pemanfaatan teknologi secara benar dan bertanggung jawab,” ucapnya mengakhiri sambutan.

Acara dilanjutkan dengan dialog dan tanya jawab bersama Bunda Literasi Kaltara yang dipandu Duta Pemuda Kaltara 2023, Linta Sholihat selaku moderator, ditutup dengan peninjauan perpustakaan sekolah yang pernah meraih juara 1 tingkat Provinsi Kaltara tahun 2022 (Chai/DKISPKaltara)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here