Optimalkan Pendapatan Daerah, Gubernur Resmikan Sekertariat Bersama Samsat dan Serahkan 15 Unit Kendaraan Operasional

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang S.H.,M.Hum bersama Wakil Gubernur, Dr.Yansen TP., M.Si., meresmikan ruang Sekretariat Bersama Tim Pembina Samsat yang bertempat di areal kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Wilayah Bulungan dan penyerahan kendaraan Samsat keliling dan delivery UPTD Bapenda kelas A kabupaten/kota se-Kaltara, Selasa (16/1/2024).

“Keberadaan sekertariat tim pembina samsat tingkat provinsi kalimantan utara ini sangat baik dan patut kita dukung. Ingatlah bahwa masyarakat kita yang sudah berniat baik untuk memenuhi kewajiban membayar pajak jangan sampai dipersulit, jangan masyarakat diping-pong ke sana kemari,” imbau Gubernur Zainal.

Gubernur meminta seluruh jajaran samsat dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat, memberikan akurasi data kendaraan bermotor agar dapat digunakan untuk menentukan arah kebijakan pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Tahun 2024 ini terdapat 10.184 unit kendaraan bermotor yang belum melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Meski angka tersebut hanya 2,71 persen dari total kendaraan yang berjumlah 375.152 unit dari sisi keuangan daerah tentu harus tetap kita upayakan agar dapat menambah pendapatan dan membangun untuk masyarakat kalimantan utara,” tambah gubernur.

Terakhir gubernur berharap adanya inovasi oleh tim bersama sekretariat Bapenda agar masyarakat tidak perlu datang langsung, cukup secara online.

“Cukup lewat online membayar pajak melalui hpnya, setelah itu diprintkan di samsat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) nya, lalu diantarkan oleh petugas samsat ke rumah warga,” harap gubernur kepada jajaran samsat.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltara, Komisaris Besar (Kombes) Polisi, Arief Budiman mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Zainal yang telah memfasilitasi sebagai tim pembina samsat dengan adanya sekertariat bersama

“Ini menjadi pemicu, semangat kami untuk meningkatkan pendapatan asli daerah terutama sektor pajak kendaraan bermotor. Mudahan kedepan pelayanan kita bisa lebih baik, target penerimaan negara bukan pajak, sumbangan wajib kecelakaan juga bisa optimal dan yang paling penting penerimaan asli daerah dari sektor pajak bisa meningkat dan mencapai target,” ucap Arief.

Sebelum prosesi gunting pita peresmian sekertariat, Gubernur bersama Wakil Gubernur menyerahkan 14 unit kendaraan roda dua yang akan diperuntukkan bagi samsat delivery UPT Bapenda kabupaten/kota se-Kaltara serta satu unit kendaraan roda empat single cabin untuk UPT Bapenda wilayah kabupaten Tana Tidung.

Hadir dalam persemian, Sekertaris Provinsi (Sekprov) Kaltara, Dr. Suriansyah,M.A.P., Tim Pembina Samsat Provinsi Kaltara mulai dari, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kaltara, Dr. Tomy Labo, SE., M.Si., dan Kepala PT Jasa Raharja Provinsi Kaltara-Kaltim, Syarief Muhammad Syafiq, Perwakilan Bank Kaltimtara. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here