Bakal Realisasikan Pembangunan Lapas di Tanjung Selor

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal A. Paliwang SH, M.Hum menegaskan segera merealisasikan pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Tanjung Selor. Hal ini disampaikannya dalam kunjungan ke Lapas Kelas IIA Tarakan, Jumat (26/1).

“Kami sudah komunikasi dengan Dirjen Lapas untuk bisa lagi membangun lapas di Tanjung Selor,” kata Gubernur.

Saat ini kondisi lapas di Tarakan dan Nunukan sudah mengalami over capacity yang sangat luar biasa, dimana setiap kamar yang kecil ditempati 11 orang.

Dengan kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Kaltara telah melakukan komunikasi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) serta kementerian terkait.

Gubernur mengungkapkan kunjungan beberapa bulan lalu untuk melihat perkembangan lapas yang ada di Kaltara.

Oleh karena itu ia mengusulkan percepatan pendirian lapas di Tanjung Selor untuk mengurangi penuhnya warga binaan yang ada di 2 lapas tersebut.

Untuk diketahui informasi dari Lapas Kelas IIA Tarakan sudah mengalami over capacity yakni terdapat lebih 1.400 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Kita sudah komunikasikan juga ke PUPR mudahan cepat direalisasikan pembangunan lapasnya, pendirian lapas baru untuk mengurangi over kapasitas di kedua lapas ini,” tuntasnya.(dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here