KPU Tarakan Gelar Simulasi Pemilu 2024 dan Penggunaan Aplikasi Sirekap

Simulasi pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 yang dilaksanakan KPU Tarakan di Gedung Graha KNPI Tarakan

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Satu persatu warga secara bergantian melakukan proses pemungutan suara di TPS Gedung KNPI Kota Tarakan.

Mereka hadir di TPS untuk mengikuti simulasi Pemilu 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tarakan, Kalimantan Utara, pada Minggu (28/01/2024) pagi.

Kegiatan pada hari ini adalah perintah dari KPU RI, bahwa KPU Kabupaten Kota melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta  penggunaan Sirekap, sama persis Pemilu 14 Februari 2024 nanti.

Dalam simulasi yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 Wita mulai pembukaan TPS, mengumumkan daftar calon, kemudian melantik atau mengambil sumpah anggota KPPS dan petugas ketertiban, kemudian pemilih hadir untuk memberikan hak suara, hingga selesai proses penghitungan.

Dengan menggunakan surat suara mirip aslinya, simulasi  pemilu ini juga sebagai langkah petugas KPU  serta KPPS untuk mengetahui durasi berapa lama pemilih ada dalam  bilik suara, dan sebagai gambaran serta mengantisipasi kesalahan dalam pelaksanaanya nanti.

Dan dalam pelaksanaan ini KPU Kota Tarakan dalam  menyelenggarakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) dalam pemilu tahun 2024.

Berharap dengan menggunakan aplikasi Sirekap dapat meringankan beban kerja KPPS serta dapat menekan efisiensi penghematan suara ulang. (mld*)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here