KPU Tegaskan Penghitungan Suara Hasil Pemilu 2024 di Luar Negeri Belum Dilakukan

KAYANTARA.COM, JAKARTA –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan pemungutan suara di luar negeri yang dilakukan lebih awal dibandingkan di dalam negeri atau yang disebut dengan early voting, pengitungan suaranya tetap dilakukan serentak pada 14 Februari 2024.

Hal ini menanggapi telah beredarnya informasi bahwa telah ada hasil perolehan suara Pemilu 2024 di luar negeri. “Bila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara LN (luar negeri) sebelum 14 Februari 2024, kami pastikan itu adalah tidak benar,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Sebelumnya juga, beredar unggahan video di media sosial yang diklaim sebagai hasil perolehan sementara pemungutan suara Capres dan Cawapres Pemilu 2024 di enam negara yaitu Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, dan Taipei.  “Hasil penghitungan suara Pemilu Luar Negeri tersebut adalah tidak benar,” tegas Hasyim.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilihan Umum, ada tiga metode yang telah ditetapkan. Pertama memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau TPS Luar Negeri (TPSLN) yang digelar di kantor-kantor perwakilan Indonesia seperti kedutaan besar, konsulat jenderal, sekolah indonesia, atau wisma duta.

Kedua, melalui kotak suara keliling yang disiapkan KPU. Ketiga, dengan metode pengiriman melalui pos. Petugas Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang kemudian mengirimkan surat melalui pos ke alamat masing-masing pemilih.

Berikut daftar hari dan tanggal pemungutan suara untuk perwakilan Indonesia di luar negeri, Senin (5/2/2024) digelar di Hanoi, Ho Chi Minh City. Selasa (6/2/2024) di Panama City, Kamis (8/2/2024) di Tehran, Jumat (9/2/2024) di Amman, Kepulauan Seychelles, Baghdad, Dhaka, Doha, Khartoum, Kuwait City, Manama, Muscat, Riyadh, dan Sana’a.

Kemudian Sabtu (10/2/2024) di Abu Dhabi, Abuja, Alger, Berlin, Bern, Bogota, Brasilia-DF, Bratislava, Brussel, Budapest, Buenos Aires, Canberra, Cape Town, Caracas, Chicago, Colombo, Dakar, Damaskus, Darwin, Den Haag, Dubai, Frankfurt, Hamburg, Havana, Helsinki, Houston, Islamabad, Jeddah, Kairo, Kopenhagen, Kiev, Lima, Lisabon, Los Angeles, Maputo, Marseilles, Melbourne, Mexico City, Mosko, Mumbai, Nairobi, New Delhi, New York, Oslo, Ottawa, Paris, Perth, Phnom Penh, Praha, Pretoria, Quito, San Fransisco, Sarajevo, Seoul, Sofia, Stockholm, Suva, Sydney, Taskhent, Toronto, Tripoli, Vancouver, Vatikan, Vientiane, Warsawa Washington DC, Wellington, Wina, Windhoek, dan Zagreb.

Lalu Minggu (11/2/2024) di Addis Ababa, Ankara, Athena, Baku, Bandar Seri Begawan, Bangkok, Beirut, Beograd, Bucharest, Dar Es Salaam, Davao City, Dili, Harare, Istanbul, Johor Baru, Karachi, Kota, Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, London, Madri, Manila, Noumea, Osaka, Paramaribo, Penang, Port Moresby, Rabat, Roma, Santiago, Singapura, Songkhla, Tawau, Tokyo, Tunis, dan Yangon.

Selasa (13/2/2024) di Hong Kong, Rabu (14/2/2024) di Madagaskar, Astana, Beijing, Guangzhou, Shanghai, Taipei, serta Vanimo. (TR/Elvira Inda Sari)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here