Festival Literasi Kaltara 2024 Kembali Digelar di Desa Mansalong

KAYANTARA.COM, NUNUKAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kembali menggelar Festival Literasi Kalimantan Utara Tahun 2024 di Lapangan Bola Aji Kuning Mansalong, Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan, Rabu (6/3)

Dengan mengusung tema “Penguatan Literasi untuk Masa Depan Bangsa di Perbatasan Negeri” acara ini diawali dengan senam massal dan dilanjutkan Gerakan Budaya Membaca Serempak oleh seluruh masyarakat.

Pelaksana tugas (Plt). Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kaltara, Ir. Yosua Batara Payangan, S.T.,M.Si, mengungkapkan Festival Literasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat dan terkhususnya generasi muda meningkatkan budaya membaca.

“Festival ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan serta menumbuh kembangkan budaya membaca bagi para generasi muda yang dikemas secara kreatif, inovasi dan menarik,”katanya.

Kegiatan ini merupakan program pembinaan perpustakan yaitu pada kegiatan pembudayaan gemar membaca tingkat daerah provinsi sesuai dengan amanat undang – undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.

Lebih lanjut, Yosua mengatakan festival ini mengajak semua pihak untuk menumbuhkan budaya literasi di masyarakat terkhususnya generasi muda agar dapat mencintai aktivitas membaca dan menuangkan ide, kreasi, pengetahuan, imajinasi serta memajukan perpustakaan.

Terdapat berbagai macam kegiatan menarik dan seru seperti lomba baca puisi, lomba mendongeng, lomba cerita pendek (cerpen), lomba membaca nyaring (Read Aloud) dan ditutup dengan malam panggung literasi.

“Saya berharap festival literasi dapat menjadi wadah bagi anak – anak kita sebagai generasi muda untuk terdorong dan meningkatkan minat baca dan kebiasaan membaca di perpustakaan, agar tercipta masyarakat yang berbudaya membaca untuk Kalimantan Utara yang Berubah, Maju dan Sejahtera,” pungkasnya.

Turut hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara, Obed Daniel L.T, S.Hut.,MM, Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara, H. Andi Nasuha, ST,MM, Kepala Biro Umum Setda Provinsi Kaltara, Panji Agung, ST., M.Sc, dan Forkopimda Kabupaten Nunukan.(dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here