Kejutan Terus Berlanjut, Indonesia U-23 Kandaskan Korsel Secara Dramatis

KAYANTARA.COM, Qatar – Tepat kiranya menyematkan sebutan “tim penuh kejutan” bagi Indonesia U-23, karena kemenangan-kemenangan yang sebelumnya bisa dikatakan mustahil terus diraih.

Setelah Australia dan Yordania menjadi korban, giliran raksasa sepakbola Asia yang dikandaskan Garuda muda di babak 8 besar Piala Asia U-23 2024 lewat pertandingan yang dramatis.

Pada pertandingan yang berlangsung hari Jum’at (26/4/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa tersebut Indonesia mampu mengimbangi permainan Korea Selatan. Bahkan sempat unggul lewat gol jarak jauh Rafael Struick pada menit ’15.

Setelah unggul 0-1, Arhan dkk terus menampilkan permainan menyerang hingga menghasilkan beberapa peluang. Namun justru Korea Selatan yang berhasil menyamakan kedudukan jadi 1-1 lewat gol bunuh diri Komang Teguh pada menit ’45+1.

Tapi setelah kedudukan sama tersebut permainan Garuda Muda tidak surut. Berselang 3 menit kemudian Struick kembali membobol gawang tim berjuluk Taeguk Warriors tersebut. Skor berubah untuk Indonesia menjadi 1-2.

Babak 2 Indonesia masih menampilkan permainan yang apik. Namun belum menghasilkan gol tambahan. Hingga pada menit ’70 Indonesia unggul jumlah pemain, akibat pemain Korea Selatan Lee Young-jun diganjar kartu merah. Ia dianggap melakukan pelanggaran berbahaya terhadap Justin Hubner

Unggul jumlah pemain tidak lantas membuat Indonesia bisa menambah gol, justru Korea Selatan yang mampu menyamakan kedudukan lagi menjadi 2-2 lewat gol yang dicetak Jeong Sang Bin ke gawang Ernando Ari pada menit ’84.

Skor 2-2 bertahan hingga babak kedua selesai dan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu 2×15 menit. Dikarenakan tidak ada tambahan gol pada babak extra time maka pemenang pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti.

Pada babak adu penalti, pemain Korea Selatan, Kim Min-woo (2 penalti), Lee Kang-hee, Hwang Jae-won, Paik Sang-hoon, Byun Jun-soo, Hong Yun-sang, Cho Hyun-taek, Jeon Sang-bin, dan kiper Baek Jong-beom berhasil melakukan tugasnya. Kang Sang-yoon gagal, sedangkan tendangan kedua Lee Kang-hee mampu ditepis kiper Ernando Ari.

Di kubu Indonesia, Ramadhan Sananta (2 penalti), Pratama Arhan, Rafael Struick, Marselino Ferdinan, Justin Hubner, Jeam Kelly Sroyer, Rizky Ridho, kiper Ernando Ari sukses. Hanya Arkhan Fikri yang gagal. Arhan menjadi penentu kemenangan Indonesia.

Dari kemenangan ini Indonesia berhak melaju ke babak semifinal, adapun calon lawan Indonesia ditentukan pada pertandingan antara Uzbekistan vs Arab Saudi yang akan berlangsung hari Jum’at 26 April 2024 pukul 21.00 WIB.

Sumber: Destara.News

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here