Antisipasi Banjir, Warga Tarakan Timur Bersihkan Drainase Sungai

Kerja bakti massal dengan membersihkan drainase sungai di sekitar Jalan Sei Mahakam Kampung Empat bersama Walikota Tarakan dan warga. (Foto : Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Puluhan warga Kecamatan Tarakan Timur bersama Walikota Tarakan, dr Khairul dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) termasuk TNI Polri melakukan kerja bakti massal, Minggu (17/11) pagi tadi.

Aksi bersih-bersih drainase di Jalan Sei Mahakam, Kelurahan Kampung Empat ini sebagai bentuk peduli lingkungan. Kegiatan ini pun diapresiasi oleh Lurah Kampung Empat, Yuis. “Kami sangat mengapresiasi kepada pemerintah kota atas responsifnya menanggapi keluhan warga Tarakan Timir khususnya Kampung Empat”, ujarnya.

Sementara, walikota Tarakan yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, banyaknya keluhan warga terhadap banjir disebabkan tersumbatnya drainase sungai. “Maka dari itu kita lakukan kerja bakti membersihkan sungai ini,” jelas Khairul.

Untuk itu, kegiatan ini akan dilakukan secara rutin guna meminimalisir terjadinya banjir. Menariknya, kerja bakti tersebut hanya dilakukan secara manual. “Alat berat kita kan terbatas dan sedang digunakan di tempat lain. Akan tetapi nantinya tetap juga pakai alat berat setelah pekerjaan di tempat lain selesai, ” katanya.

Selain bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir, pembersihan drainase sungai ini juga dimaksudkan agar masyarakat sekitar terhindar dari penularan penyakit leptospira dan penyakit demam berdarah. “Kami berharap setiap lurah dan masyarakat Tarakan berinisiatif melakukan kerja bakti serupa,” tutup Khairul. (ky2)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here