Rayakan HUT ke-74 Armada, Puluhan Speedboat Ikuti Lomba Balapan

Puluhan speedboat saat mengikuti lomba balapan dalam memeriahkan HUT Armada 2019 di perairan Tarakan, pagi tadi. (Foto: Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN-Perayaan HUT ke-74 Armada di Tarakan, dimeriahkan dengan acara lomba speedboat, Sabtu (21/12/2019).

Lomba ini dilaksanakan oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIII Tarakan, pag tadi. Dan diikuti sebanyak 80 peserta dari Kaltara dan Kaltim.

Danlantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI, Judijanto, mengatakan, kegiatan yang melibatkan masyarakat tersebut merupakan kali pertama digelar di Kaltara. “Kegiatan ini akan dilakukan secara rutin setiap tahunnya,” ujarnya di sela kegiatan tersebut.

Dijelaskan, lomba itu dilakukan dua sistem. Pertama, melalui penyisihan, selanjutnya menggunakan sistem gugur. Dan setiap race lomba diisi dengan 9 peserta dan akan dipilih 4 pemenang untuk menuju ke babak semifinal.

“Motoris atau peserta lomba kami ingatkan untuk selalu menjaga keselamatan, seperti menggunakan pelampung saat melakukan perjalanan di laut,” tuturnya.

Adapun syarat untuk mengikuti lomba tersebut, sebut dia, harus menggunakan speedboat yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Salah satunya menggunakan mesin 40 PK.

“Untuk semantara ini masih tingkat provinsi, tapi rencana kedepannya kita akan menjadikan turnamen balap speedboat ini ke tingkat nasional,” demikian Judijanto. (*)

Reporter: Supriyadi
Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here