Tahun Ini, Pemkot Tarakan Terapkan E-Parkir

Tahun ini Pemkot Tarakan akan menerapkan parkir elektronik berlangganan di beberapa tempat strategis. (Foto: Dok Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN– Tahun ini, Pemkot Tarakan bakal menerapkan salah satu program Smart City. Yaitu pembayaran parkir secara non tunai atau e-parkir.

“Pelaksanaan program e-parkir guna memberikan kenyaman, keamanan dan kepastian tarif parkir sesuai dengan ketentuan,” ujar Kepala Diskominfo Tarakan, Tarmizi. Guna mewujudkan program tersebut, Pemkot Tarakan bekerjasama dengan sejumlah Perbankan yang ada di Bumi Paguntaka.

“Saat ini pihak bank sudah menyediakan berbagai perangkat pemvayaran parkir secara non tunai, mulai dari Q-RIS, mesin eletronik data capture (EDC), dan persiapan nkmor rekening transaksi e-parkir,” katanya.

Dijelaskan Tarmizi, sistem parkir elektronik dirancang untuk memberikan pelayanan pembayaran parkir yang lebih baik kepada masyarakat dengan menggunakan aplikasi.

Kepala Diskominfo Tarakan saat memperlihatkan kartu E-Parkir.

“Saat ini yang terdaftar sebanyak 205 orang yang berlangganan menggunakan transaksi non tunai e-parkir dengan biaya Rp100 ribu per hari untuk roda dua,” sebutnya.

Menurutnya, sistem e-parkir dapat mengurangi adanya pungutan liar yang dilakukan oknum juru parkir. Program tersebut, tambah dia, terus disosialisasikan kepada masyarakat Tarakan.

Terutama di lokasi yang strategis tempat penerapan e-parkir. “Kecuali di pelabuhan, Gusher Plaza, dan Bandara Juwata,” demikian Tarmizi. (*)

Reporter: Supriyadi

Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here