Sultra Tuan Rumah HPN 2021, Gubernur Ali Targetkan Dihadiri Lebih 4 Ribu Orang

Gubernur Sultra (kiri) saat menerima surat keputusan sebagai tuan rumah HPN 2021 dari Ketua umum PWI Pusat Atal S Depari. (Foto: Mansyur/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, BANJARMASIN – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) secara resmi ditetapkan sebagai penyelenggara atau tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil rapat pleno PWI Pusat dan Dewan Pers pada 9 Januari 2020 lalu.

Selanjutnya disampaikan dalam rangkaian HPN di Banjarmasin oleh Gubernur Sultra, H Ali Mahzi dan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari di Hotel Golden Tulip, Jumat (7/2) malam.

Gubernur Sultra, mengaku sangat bahagia dan bangga atas kepercayaan yang diberikan tersebut. Sebab, menurutnya, acara HPN bisa menjadi peluang bagi tuan rumah untuk mengembangkan potensi daerahnya.

Apalagi acara tersebut selalu dihadiri Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri dan duta besar dari beberapa negara. Khususnya kehadiran ribuan wartawan dari 34 provinsi se-Indonesi, dan lainnya.

“Tamu undangan yang datang hingga ribuan, tentu ini kesempatan emas buat tuan rumah untuk promosi daerahnya dan meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah),” kata Ali.

“Di sini (Banjarmasin) saya dengar ada sekitar empat ribu tamu undangan. Saya targetkan di Sultra yang akan hadir lebih dari itu. Nah ini peluang bagi daerah untuk mempromosikan potensi yang dimiliki,” tambahnya.

Beberapa potensi peningkatan PAD yang terkena dampaknya, di antaranya destinasi wisata, produk-produk UMKM daerah, kuliner, transportasi dan sebagainya.

“Kami sangat berterima kasih kepada PWI yang telah memberi kami kesempatan menjadi tuan rumah HPN 2021. Semoga di tahun mendatang penyelenggaraannya bisa lebih baik lagi,” demikian Ali.

Sementara Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari mengatakan, Sultra termasuk istimewa ditunjuk sebagai tuan rumah HPN 2021 karena prestasinya dalam menjamin kemerdekaan pers.

“Sebenarnya Sultra sudah berkali-kali minta untuk jadi tuan rumah. Gigih juga berjuangnya ini. Jadi kita pun akhirnya sepakat untuk menunjuk Sultra jadi tuan rumah,” kata Atal.

Diakui Atal banyak daerah yang minta jadi tuan rumah HPN. “Ini bagus. Apalagi kalau yang mengajukan ada sepuluh, kita biding saja mana yang terbaik,” kata Atal. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here