HPN Banjarmasin: Jokowi Resmikan Hutan Pers seluas 5 Hektare di Banjarbaru

Presiden Jokowi saat meresmikan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia sebelum menghadiri HPN 2020.

KAYANTARA.COM, BANJARMASIN – Sebelum menghadiri puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Presiden Joko Widosk terlebih dahulu meresmikan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia.

Dan Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia yang termasuk rangkaian kegiatan HPN 2020 di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, dengan lokasi yang tak berjauhan dari lokasi puncak peringatan HPN.

Dalam peresmian itu, Jokowi turut menanam pohon mersawa (Anisoptera marginata Korth.) Di mana jenis tersebut disebut sudah sulit ditemukan di hutan alam sehingga perlu dilestarikan.

Mengutip siaran pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tanggal 8 Februari 2020, Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia menempati lahan seluas kurang lebih 5 hektare (ha) yang nantinya akan ditanami 85 tanaman spesies endemik dari seluruh Indonesia, di antaranya ulin, tengkawang, jeumpa, matoa, kepel, mortolu, dan sebagainya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here