Rute Ferry KTT-Tarakan Bakal Beroperasi Tahun Ini

Pelaksanaan ujicoba sandar kapal ferry jenis Roro di pelabuhan Desa Sebawang, Sesayap, KTT, baru-baru ini.

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Rute baru penyeberangan antar wilayah melalui jalur laut dengan kapal yang dilayani PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry (persero), yakni Tana Tidung-Tarakan  di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan segara beroperasi tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara Taupan Madjid menyatakan, penambahan rute baru ini merupakan tindak lanjut dari usulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara. “Kita sudah laksanakan uji coba penyebrangan kapal ferry dari pelabuhan Juwata di Tarakan ke pelabuhan Desa Sebawang, Kecamatan Sesayap di Tana Tidung,” ujar Taupan saat ditemui baru-baru ini.

Taupan mengatakan, berdasarkan dari hasil uji coba sandar yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu, saat ini dermaga untuk tambat masih perlu perbaikan. “Rencana penyebrangan pada rute baru ini akan mengoperasikan kapal ferry dengan jenis Roro,” katanya.

Untuk pengoperasian kapal ferry sendiri, saat ini masih dalam proses pengurusan izin operasi dan penetapan tarifnya. Ini, karena kapal ferry tersebut disubsidi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. “Kalau proses perizinan dan perhitungan tarif sudah selesai, maka kapal ferry pada rute baru ini dapat beroperasi,” jelasnya. 

Taupan berharap dengan adanya rute baru ini, dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah, sekaligus mendukung pembangunan di Kaltara.

Taupan juga menyebutkan, saat ini terdapat 4 rute penyebrangan kapal ferry yang beroperasi. Yaitu, Tarakan-Ancam, Tarakan-Nunukan atau Sei Jepun, Nunukan Sei Jepun-Liang Bunyu atau Sebatik, Tarakan-Toli-Toli. “Untuk kapal ada 3 unit yang beroperasi yaitu KM Manta, KM Manta II, KM Julung-Julung. Nanti, untuk rute baru masih menggunakan KM Manta II karena belum ada rencana penambahan kapal,” tuntasnya. (humas)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here