Wacana Berikan Transportasi Gratis KTT-Tarakan, Gapasdap: Tolong Tinjau Ulang..!

Ilustrasi

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Pemerintah Kabupaten Tana Tidung (KTT) mewacanakan pelayanan speedboat gratis kepada warganya. Speedboat dengan tujuan Tarakan – KTT akan digratiskan oleh Pemda KTT.

Rencananya, akan ada satu armada disiapkan oleh Pemkab KTT yang melayani KTT- Tarakan dan sebaliknya. Namun saat ini kebijakan tersebut masih berproses untuk mendapatkan izin.

Menanggapi hal tersebut, Dewan Pimpinan Cabang (DPD) Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (Gapasdap) Kota Tarakan angkat bicara.

Melalui Sekretaris DPC Gapasdap Kota Tarakan, Mulyadi, pihaknya berharap Pemkab KTT kembali untuk meninjau kebijakan tersebut. Pasalnya, dengan adanya speedboat gratis ke KTT maka secara tidak langsung akan mematikan usaha para pengusaha speedboat.
“Dari 12 trayek yang melayani trayek KTT – Tarakan, sekarang itu tinggal 4 armada saja,” imbuhnya.

Diakui Mulyadi, arus penumpang ke KTT dari Tarakan memang agak sepi. Makanya 12 armada yang ada sebelumnya, untuk saat ini tinggal 4 armada saja. Kemudian apabila adanya speedboat gratis yang diberlakukan oleh Pemkab KTT, secara tidak langsung akan menyulitkan 4 armada yang sudah.

“Dengan adanya wacana seperti ini, kami dari Gapasdap mohon kepada Pemkab KTT untuk melakukan peninjuaan ulang. Kalau ini dilakukan akan mati speedboat reguler,” bebernya.

Pihaknya memastikan speedboat reguler yang melayani rute KTT – Tarakan dan sebaliknya akan mati apabila sudah berjalannya speedboat gratis dari Pemkab KTT. Ditambah lagi, sampai saat ini jumlah penumpang yang pergi ke KTT, belum mengalami kenaikan yang begitu signifikan.
“Kita ada rencana mencoba koordinasi dengan Pemkab KTT,” imbuhnya.

Koordinasi itu memang sangat perlu dilakukan, mengingat saat ini dari 4 armada speedboat yang melayani Tarakan – KTT juga terkadang tidak beroperasi lantaran tidak ada penumpang yang berangkat.

“Penumpang KTT sepi, kalau ditambah gratis maka kami mohon kebijakan ini ditinjau ulang,” tutupnya. (*)

Reporter: Siti Hardiani
Editor: Mariani

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here