Resmi Dilantik, KNPI Siap Kawal Pembangunan Tarakan

Prosesi pelantikan DPD KNPI Tarakan periode 2019-2022 oleh Ketua KNPI Kaltara, malam tadi. (Foto: Mansyur/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tarakan periods 2019-2022 resmi dilantik, Sabtu (7/3/2020) malam.

Momentum berbahagia bagi pengurus ini mengangkat tema Pemuda Satu Mengawal Pembangunan Tarakan.

Tema tersebut berdasarkan evaluasi KNPI terhadap pembangunan Tarakan selama setahun dibawah kepemimpinan Walikota dr Khairul, dan Effendhi Djuprianto sebagai Wakil Walikota Tarakan, yang dilantik 1 Maret 2019 lalu.

“Proses mengawal pembangunan kota Tarakan tidak hanya pada ranah Pemkot maupun OPD (organisasi perangkat daerah) terkait, tetapi semua pihak bertanggungjawab, ini yang menjadi alasan kami mengenai tema itu,” jelas Ketua KNPI Tarakan, Erick Hendrawan.

Prinsipnya, KNPI Tarakan memastikan pembangunan Bumi Paguntaka pada semua sektor harus tetap berjalan meski dilanda berbagai rintangan, salah satunya defisit anggaran.

“Apapun yang terjadi harus mengedepankan asas keadilan, kesejahteraan, dan asas Tarakan yang bermartabat. Persoalan yang terjadi di masyarakat juga menjadi tanggungjawab kita bersama,” tegasnya.

Menurutnya, KNPI Tarakan adalah mitra strategi pemerintah. Dengan begitu, lanjut Erick, KNPI menjadi ujung tombak pemerintah ketika kebijakannya berpihak kepada masyarakat.

Sebaliknya, apabila ada kebijakan atau ada langkah yang tidak tepat dilakukan Pemkot Tarakan, KNPI siap menempatkan diri di barisan terdepan yang akan mengkritisinya.

“Setelah dilantik ini kami akan lalukan rapat kerja daerah pengurus untuk menyusun beberapa program kerja. Salah satunya mengawal 16 program unggulan Pemkot Tarakan guna mewujudkan Tarakan Smart Cty, yang tentu masyrakatnya juga harus smart,” demikian Erick. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here