PDKT Luncurkan Website Galang Dana via Online & Marketplace untuk UMKM Kaltara

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Semakin majunya zaman makin berkembang pula pola hidup masyarakat. Kini semua sudah serba digital, baik jasa dan barang bisa dipesan dengan cara online.

Tinggal ongkang-ongkang di rumah saja, barang atau jasa yang kita minta, bakal datang sendiri. Bahkan perbuatan amal pun bisa dilakukan dari rumah melalui dunia maya.

Seperti penggalangan dana secara online yang diluncurkan admin grup Facebook PeDuli KalTara yang semula dikenal dengan nama Peduli Kota Tarakan (PDKT), pada 8 April 2020 lalu.

“Hal ini sebagai langkan untuk memudahkan donasi manual menjadi online, dan seluruh orang dapat mengetahui berapa dana yang telah terkumpul secara real time,” jelas Hadi Istanto selaku pendiri PDKT sekaligus pengagas misi kemanusiaan tersebut.

Dia menerangkan, bagi tiap donatur akan mengetahui donasinya sudah masuk langsung saat dia melakukan transfer. Bahkan dimunculkan dalam website donasi itu.

“Momentum pandemi Covid 19 sebagai momentum untul kita saling gotong royong dalam membantu sesama. Penggalangan pertama kali dilakukan yakni penggalangan dana APD (alat pelindung diri), dan vitamin untuk tenaga medis di rumah sakit rujukan Covid-19,” jelas Hadi.

“Media transfer untuk sementara ini menggunakan rekening ovo. Tapi kedepan akan ada nomor rekening bank yang lain,” tambahnya. Dia mengharapkan website penggalangan dana ini dapat berrmanfaat bagi warga Tarakan khususnya Kaltara.

Penggalangan dana secara online www.pedulikaltara.com

Berikut Panduan Penggalangan Dana secara Online melalui PDKT Bagi Donatur:

  • Kunjungi situs www.pedulikaltara.com
  • Pilih Penggalangan Dana
  • Donatur memilih kampanye sosial yang akan diberikan donasi
  • Silahkan baca penjelasan kampanye
  • Klik tombol donasi sekarang
  • Masukan nominal donasi
  • Masukan pesan
  • Isi nama lengkap donatur dan email
  • Pilih metode pembayaran
  • Transfer sesuai dengan nominal yang tampil yakni nilai donasi angka unik. Contoh: donasi Rp10.000, nanti angka unik akan ditambahkan menjadi misalnya Rp10.016
  • Kode unik bervariasi sebagai pembeda pada program website nanti
  • Setelah proses transfer maka akan secara otomatis nilai donasi akan bertambah sesuai dengan nilai yang ditransferkan
  • Nama donatur akan tampil pada website ( 10 donatur terbaru)

Selain itu, pada 12 April 2020, PDKT juga telah meluncurkan marketplace untuk UMKM Kaltara yang daat di kunjungi www.pasar.pedulikaltara.com. “Hal ini juga sebagai wujud rasa keprihatinan atas keadaan ekonomi yang lagi lesu akibat Covid-19. Website marketplace ini gratis untuk warga Kaltara,”

Hadirnya markeplace ini diharapkan sebagai media bagi para UMKM untuk go online lantaran aktivitas di luar rumah berkurang.

Marketplace UMKM Kaltara www.pasar.pedulikaltara.com

Markeplace ini, UMKM akan membuat toko online yang berisi produk-produk yang mereka tawarkan ke.pembeli. Bagi warga Tarakan yang takut keluar rumah cukup mencari produk yang mereka cari di markerplace ini.

Warga akan mendapatkan informasi produk, keterangan dan harga yang ditawarkan oleh penjual. Selanjutnya pembeli bisa mengontak si penjual via WhatsApp (WA).

“Untuk dapat melihat kontak penjual pembeli wajib daftar juga. Nanti kontak penjual akan muncul. Sementara untuk proses pengantaran nanti bisa dikomunikasikan dengan penjua, apakah penjual akan mengantar langsung atau menggunakan jasa ojek online,” terang Hadi.

Adapun proses pendaftaran sangat mudah atau sama halnya dengan pembuatan akun sosial media seperti Facebook.

“Jika user ada kesulitan maka saya siap membantu, karena ini adalah wujud sumbangsih saya kepada negara yang lagi berjuang melawan pandemi virus Covid-19, hidup harus terus berjalan dan berjuang,” ujarnya.

Website marketplace ini juga setiap user bisa melakukan pembelian pulsa, paket data, maupun token listrik voucher game. “Tapi sementara waktu belum aktifkan, admin,” demikian Hadi. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here