UPDATE COVID-19 Kaltara: Terkonfirmasi Positif Bertambah 4 Orang, Total jadi 20 Orang

Press release harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara, siang ini. (Foto: Istimewa)

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Pasien positif Covid-19 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali bertambah menjadi 20 orang, dari 16 orang data sebelumnya.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara, dr Agust Suwandy dalam press release harian melalui video konferensi, Rabu (15/4) pukul 11.00 Wita.

Tambahan 4 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, masing-masing berjumlah dua orang dari Tarakan dan Kabupaten Bulungan yang menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 setempat.

Tambahan kasus positif baru ini didapatkan berdasarakan hasil pemeriksaan 10 specimen dari 84 yang dikirimkan Kaltara ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya.

“Dari 84 spesimen yang kami kirimkan, ada 10 spesimmen yang sudah ada hasilnya. Rincinya dari 5 spesimen dari Tarakan, dua diantaranya positif, dan sisanya negatif, begitu juga di Bulungan dua diantaranya positif,” sebut Agust.

Dia menerangkan, dua kasus terkonfirmasi positif di Bulungan merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di ruang isolasi RSUD Soemarno Sosroatmojo di Tanjung Selor. Pertama bernama TA dengan berjenis kelamin laki-laki dengan usia 41 tahun, dan memiliki riwayat klaster seminar keagamaan di Kabupaten Malinau pada pertengahan Maret 2020 lalu.

Sementara terkonfirmasi positif kedua berinisial AD dengan usia 27 tahun dengan riwayat memiliki kontak erat dengan kasus positif Covid-19 yang meninggal dunia pada 1 April lalu di Tanjung Selor.

“Sedangkan di Tarakan, pertama atas nama SH berjenis kelamin laki-laki dengan usia 48 tahun, dan riwayat perjalanan dari luar Kaltara. Dan satunya lagi bernama MM berjenis kelamin perempuan dengan usia 69 tahun, cuma riwayat kontak PDP MM ini masih kami telusuri,” jelasnya.

Hingga siang ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara masih menunggu hasil pemeriksaan 74 specimen lainnya dari 84 yang dikirim ke BBLK Surabaya belum lama ini. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here