COVID-19 di Tarakan: Bertambah Satu Orang Lagi, Total jadi 20 Orang

Press release harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tarakan.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tarakan hingga Sabtu (18/4/2020) pukul 11.00 Wita, kembali bertambah.

Jika data sebelumnya kasus positif berjumlah 19 orang, kini menjadi 20 orang. Satu tambahan pasien positif ini berdasarkan hasil pemeriksaan specimen dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tarakan, hari ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tarakan dr Devy Ika Indriarti mengatakan, satu pasien terkonfirmasi positif itu merupakan klaster jamaah tablig Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan berinisial AHS (35 tahun) berjenis kelamin laki-laki yang berdomisili di RT 17 Tanjung Pasir Kelurahan Mamburungan Kecamatan Tarakan Timur.

“Hari ini pasien konfirmasi positif Covid ke-20 akan dilakukan tracing oleh petugas kesehatan,” kata Devy dalam press releasenya, Sabtu (18/4).

Sementara perkembangan kasus Covid-19 pada pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak lima orang. Dua hasil swab negative yang merupakan PDP RS, dua hasil swab positif, dan dua orang masih menunggu hasil.

Adapun orang dalam pemantauan (ODP) hingga pagi ini tercatat sebanyak 178 orang. Namun yang masih dilakukan pemantauan oleh Puskesmas sesuai wilayah tempat tinggal ODP sebanyak 80 orang, dan 98 ODP telah selesai menjalani pemantauan serta dinyatakan sehat.

Sedangkan orang tanpa gejala (OTG) sebanyak di Tarakan berjumlah 271 orang, meliputi dipantau 161 orang dan selesai 110 orang.

“Hari ini dilakukan penyemprotan disinfektan pada 8 locus konfirmasi positif Covid-19 yang tersebar di beberapa kelurahan,” ujarnya. Delapan kelurahan tersebut adalah Selumit, Juata Permai, Mamburungan, Kampung Satu Skip, Pamusian dan Gunung Lingkas.

Terkait panduan screening bagi pengguna jasa transportasi udara atau pesawat yang tiba di Bandara Juwata Tarakan maupun laut direncanakan dilakukan pada 20 April 2020. “Namun peresmiannya masih menunggu surat edaran Wali Kota Tarakan,” demikian Devy. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here