Begini Cara Grup Video Call 8 Orang Sekaligus di WhatsApp

Video Call 8 Orang di WhatsApp, Foto : ArenaLTE

KAYANTARA.COM –Mulai hari ini, Rabu( 29/ 4/ 2020), pengguna WhatsApp dapat mengaplikasikan panggilan video dengan partisipan 8 orang sekaligus. Tadinya, fitur video call di WhatsApp cuma terbatas buat 4 orang. Fitur ini sudah muncul untuk fitur Android serta iOS. Untuk melaksanakan panggilan video 8 orang sekaligus, triknya gampang. Awal, pengguna wajib meng- update WhatsApp ke tipe terkini.

Pengguna iPhone ataupun fitur iOS wajib melaksanakan pembaruan ke tipe 2. 20. 50 melalui Apple App Store. Sedangkan itu, pengguna Android wajib mengunduh WhatsApp tipe 2. 20. 141 di halaman WhatsApp di Play Store. Download APK halaman tersebut, setelah itu instal secara manual.

Perlu diingat, seluruh partisipan wajib sudah menginstal WhatsApp tipe terkini. Bila tidak, panggilan video 8 orang tidak dapat dilakukan. Bila seluruh partisipan telah meng- update WhatsApp- nya ke tipe terkini, cukup buka tab” Call” pada bagian atas. Setelah itu seleksi ikon panggilan yang terletak di pojok kanan dasar. Sehabis itu, pilih” New Group Call” serta pilih rekan yang mau dihubungi.

Pengguna bisa memilah sebanyak 7 kontak yang hendak dihubungi. Sehabis itu, tekan ikon untuk melaksanakan panggilan video.

Tidak hanya metode di atas, pengguna pula dapat melaksanakan video call langsung dari tim. Caranya, cukup tekan ikon video call yang terdapat di bagian atas tim. Setelah itu, pilih siapa saja orang yang diajak berpartisipasi. Terdapat pula metode lain yang sedikit lebih rumit. Awal, jalani panggilan video kepada seorang. Sesudah panggilan dijawab, tekan tanda”+” untuk menambahkan partisipan video call. Dengan demikian, panggilan video 8 orang di WhatsApp dapat dilakukan. Metode install WhatsApp di Android tanpa melalui Google Play Store Sebagai informasi, apabila pengguna mau menginstal aplikasi WhatsApp tanpa lewat Google Play Store, pengguna butuh berikan izin supaya fitur dapat menginstal aplikasi APK dari sumber tidak diketahui. Caranya, buka menu” Settings”, setelah itu pilih” Apps& notifications”. Dalam menu tersebut temukan opsi” Advanced”. Sehabis itu, seleksi” Special app access”, setelah itu pilih” Install unknown apps”.

Pada menu tersebut, pilih aplikasi mana saja yang ingin diberi izin untuk menginstal dari sumber yang tidak diketahui.

Setelah itu, aktifkan tanda” Allow from this source” buat mengaktifkan sumber yang tidak diketahui untuk aplikasi tersebut. Respons atas kebijakan stay at home Bersamaan dengan kebijakan stay at home yang marak diterapkan di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, popularitas aplikasi telekonferensi semacam Zoom belum lama meroket.

WhatsApp juga merasa butuh menaikkan batas jumlah partisipan dalam group video chat sebab banyak diminta oleh penggunanya. Terlebih lagi, WhatsApp merupakan salah satu dari segelintir aplikasi yang menawarkan sekuriti melalui end- to- end encryption.

” Jadi, kemampuan untuk tidak terbatas menghubungi cuma 4 orang, namun 8 sekaligus, merupakan suatu yang berguna pada disaat seperti ini,” ungkap CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Ia meningkatkan kalau layanan WhatsApp serta Messenger besutan Facebook mengalami lonjakan pemakaian video call semasa pandemi, sampai 2 kali lebih besar dibandingkan sebelumnya.” Untuk bagian yang lebih khusus semacam group video chat, jumlah panggilannya naik sampai 10 kali lipat ataupun lebih,” imbuh Zuckerberg. (Kompas)

Reporter : Hadi

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here