ODHA Rentan Terinfeksi Covid-19

Ilustrasi Tirto.ID

ORANG dengan HIV AIDS (ODHA) menjadi kelompok yang rentan terinfeksi covid-19. ODHA rentan terinfeksi corona karena di dalam tubuh mereka sudah terdapat virus. Kekebalan tubuh atau imunitas ODHA lebih lemah dan mudah terinfeksi virus lain seperti covid-19.

Atas kondisi itu mengimbau para ODHA untuk disiplin minum obat serta selalu menjaga kesehatan serta Jangan panik dan cegah penularan covid-19.

Penularan covid-19 terjadi melalui dropret partikel, percikan saluran nafas kontak erat dan kontak lingkungan yang tercemar. Untuk itu ODHA harus mencegah beberapa langkah antara lain sering mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air besar.

Menggunakan masker jika sakit dan berdiam diri dirumah selain itu menjaga jarak aman 1-2 meter. Gejala terinfeksi covid-19 diantaranya batuk, demam, letih, sakit tenggorokan dan gangguan pernapasan.

Jika mengalami gejala tersebut segera periksakan diri ke rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya. Masa inkubasi sekitar 14 hari. Data kasus HIV kota Tarakan 2019 sebanyak 103 orang. Kelompok usia penyumbang terbanyak adalah usia 25 – 49 tahun. Artinya usia produktif yang rentan terhadap penularan HIV. Layanan tes dan konseling HIV sudah terintegrasi disetiap puskesmas dan RS di kota Tarakan.

Tes gratis buat masyarakat kota tarakan. Penularannya terbanyak melalui hubungan seksual yang tidak aman (tidak menggunakan alat pengaman). LSM Indonesia AIDS coalition (IAC) mengatakan, bahwa ada sekitar 140 ribu ODHA seluruh Indonesia terancam tak dapat ARV (antiretroviral) karena dampak pandemi covid-19 secara global dan jalur penerbangan juga dihentikan terlebih obat ARV kebanyakan berasal dari negara india.

Semoga saja stok ARV khususnya di Tarakan tercukupi hingga berakhirnya pandemi covid-19. Jangan sampai ada ODHA yang terlambat atau putus obat dikarenakan stok ARV tidak tercukupi.

Akibatnya bisa fatal salah satunya resisten terhadap obat ARV jika terlambat atau putus minum obat. Mari tetap menjaga kesehatan tubuh kita, lindungi diri, keluarga dan orang di sekitar kita. (*)

Penulis: Roniansyah, SKM (Pegiat HIV)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here