Hasan Basri Dorong BUMN Peduli Covid-19, Di Kaltara Bantuan Sudah Tersalurkan Rp2,5 Miliar

Hasan Basri secara simbolis menyerahkan paket bantuan kepada masyarakat Tarakan melalui lembaga penyalur yang dipercayakan pemkot di ruang pertemuan PLN UP3 Tarakan, pagi tadi. (Foto: Mansyur/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang membawahi 142 perusahaan negara merupakan salah satu mitra kerja Komite II DPD RI.  

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh penjuru nusantara saat ini, Kementerian BUMN didesak untuk berperan aktif dalam meringankan beban pemerintah daerah maupun masyarakat yang terdampak.

Sehingga dari 142 BUMN di Indonesia, 21 diantaranya telah ditunjuk terlibat dalam program peduli Covid-19 yang tergabung pada Satgas BUMN. Diantaranya PLN, Pertamina, Pelindo, Telkom, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, PGN dan lainnya.

“Saya berusaha berkomitmen untuk terus menggerakan sebelas mitra kerja Komite II DPD RI, salah satunya Kementerian BUMN agar peduli dengan kondisi pandemi virus corona saat ini, Alhamdulillah hal ini sudah ditindaklanjuti, dan hingga hari ini di Kaltara sudah tersalurkan sebesar Rp2,5 miliar,” kata Wakil Ketua Komite II DPD RI, Hasan Basri usai menyerahkan bantuan dari Satgas BUMN Kaltara di Kantor PLN UP3 Tarakan, Kamis (4/6/2020).

Hal ini diapresiasi setinggi-tingginya oleh senator asal Kaltara ini lantaran telah terealisasinya berbagai bentuk bantuan yang disalurkan oleh Satgas BUMN di Kaltara kepada masyarakat melalui pemerintah maupun secara langsung, baik berupa sembako maupun alat pelindung diri (APD) bagi Gugus Tugas dan tenaga medis.

Menurut kacamata Hasan, bantuan yang diberikan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sejauh ini hanya mampu mengcover 56 persen warga penduduk Indonesia yang terdampak. Nah, atas dasar inilah dorongan pimpinan Komite II DPD RI ini meminta keterlibatan Kementerian BUMN dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang secara ekonomi serba sulit saat ini.

“Saya juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki kelebihan untuk turut membantu warga yang kekurangan, bisa dimulai dari tetangga kanan kirinya, karena saya juga telah melaksanakan hal yang sama, tapi belum cukup. Olehnya itu saya mengajak mitra kerja saya melalui program peduli Covid-19 untuk melakukan hal yang sama. Semoga bermanfaat,” bebernya dalam agenda resesnya di Tarakan sekaligus penyerahan bantuan.

“Khususnya di Kaltara ini yang merupakan daerah perbatasan langsung dengan Malaysia perlu mendapat perhatian lebih dari berbagai institusi pemerintah,” sambung Hasan Basri.

Dia menambahkan, apa yang dilakukannya murni untuk kepentingan masyarakat Indonesia khususnya Kaltara. “Saya juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kapolda Kaltara yang juga sangat peduli dengan Covid-19 di Kaltara, beliau adalah pemimpin yang menjadi contoh dan panutan bagi pemimpin lainnya,” ujarnya.  

Sementara itu, Koordinator Satgas BUMN Kaltara Suparje Wardiyono mengatakan upaya dalam membantu pemerintah meringankan beban masyarakat di tengah Covid-19 terus dilakukan dalam beberapa tiga bulan terakhir.

“Kami sudah berupaya melakukan apa yang menjadi arahan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian BUMN terhadap kondisi yang kita hadapi saat ini, baik itu berupa sosialiasi tentang protokol kesehatan, memberi bantuan APD maupun sembako yang hingga hari ini totalnya sebanyak Rp2,5 miliar,” ungkap Manajer PLN UP3 Tarakan ini. (sur)

Penyerahan Simbolis Sumbangan:

  1. Alat Kesehatan PLN Peduli
    PLN-Senator Hasan Basri, SE MH- Kapolda Kaltara Irjend Pol Drs Indrajit SH-RSUD Tarakan
  2. Sembako PLN Peduli.
    PLN-Senator Hasan Basri, SE, MH- Danrem Maharajalilla Brigjend TNI Suratno-(Baznas Tarakan, Lazis Muhammadiyah, Lazis NU dan WIH Wahda
  3. Alat Kesehatan Telkom
    Telkom-Senator Hasan Basri,SE, MH- Wakapolda Kaltara Brigjen Pol Erwin Zadma- RSUD Kota Tarakan
  4. Sembako Pertamina
    Pertamina-Senator Hasan Basri, SE , MH- Wakil Walikota Effendi Djuprianto, SH-(Baznas Tarakan, Lazis Muhammadiyah, Lazis NU, WIH Wahda)
  5. Sembako Pelindo 4
    Pelindo 4-Senator Hasan Basri, SE , MH-DPRD Kota Tarakan Yusuf Midu (Baznas Tarakan, Lazis Muhammadiyah, Lazis NU, WIH Wahda)
Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here