Plywood Kaltara Tetap Berlayar ke Mancanegara

Plywood Kaltara di tengah Covid-19 menuju era new normal tetap diekspor ke mancanegara salah satunya Amerika Serikat. (Foto: Supriyadi/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Tarakan kembali memfasilitasi ekspor plywood asal Kalimantan Utara (Kaltara) sebanyak 60,76 meter kubik dengan nilai ekonomis Rp459 juta dengan tujuan negara Amerika Serikat (9/6).

Kepala Karantina Pertanian Tarakan Drh. Akhmad Alfaraby mengungkapkan bahwa pihaknya akan siap memfasilitasi ekspor komoditas pertanian dari segala sub sektor. Hal tersebut sebagai bentuk komitmen dalam mendukung Gratieks (Gerakan Tiga Kali Ekspor) yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian.

“Karantina Pertanian memfasilitasi ekspor dengan memberikan jaminan keamanan dan kesehatan sesuai standar internasional,” jelasnya.

Hal ini merupakan persyaratan negara tujuan ekspor. Jika diperlukan negara tujuan komoditas pertanian yang akan diekspor akan dilakukan tindakan perlakuan.

Menurut Alfaraby, walaupun di tengah wabah Covid-19 permintaan produk olahan dari sub sektor kehutanan terus meningkat. Plywood asal Kaltara tetap rutin diekspor ke Amerika Serikat.

“Data ekspor plywood yang difasilitasi  selama  kuartal pertama tahun 2020 sebanyak 3.040,95 meter kubik dengan nilai ekonomis Rp19,8 miliar. Selain tujuan Amerika, plywood Kaltara  juga diekspor ke India dan Malaysia,” demikian Alfaraby. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here