Pemadaman Listrik Disebabkan Isolator di Tiang TM Pasar Tenguyun Pecah

Petugas PLN saat memperbaiki salah satu isolator di Tiang TM Tenguyun yang pecah dan menyebabkan pemadaman listrik mendadak di Jalur Kusuma Bangsa dan Lingkas Ujung. (Foto: PLN Tarakan untuk Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Sekira pukul 19.55 Wita, Rabu (8/6/2020), listrik di wilayah Kecamatan Tarakan Timur persisnya Kelurahan Gunung Lingkas dan Lingkas Ujung, mendadak padam.

Manjaer PLN UP3 Tarakan Suparje Wardiyono menerangkan, pemadaman listrik disebabkan telah terjadi trip pada penyulang Tarakan 02 dan 09.

“Termasuk zona dua, yaitu ada kerusakan isolator di salah satu Tiang TM jaringan Tegangan Menengah 20 kV di Tenguyun (Terminal Boom Panjang) pecah,” jelasnya dalam keterangan persnya.

Hal ini diketahui setelah petugas PLN mengecek dan menelusuri penyebab pemadaman listrik yang berlangsung selama kurang lebih setengah hingga satu jam di wilayah tersebut.

“Untuk Tarakan 09 dinormalkan kembali pada pukul 20.30 Wita. Sedangkan Tarakan 04 yang sempat terdampak sudah menyala bertahap pada 20.30 Wita,” katanya.

Dia juga menuturkan saat gangguan tersebut dilakukan perbaikan tepatnya pada Isolator di Tiang TM Tenguyun diperlukan pemadaman di Jalur Kusuma Bangsa dan Lingkas. Setelah pekerjaan selesai, untuk Tarakan 02 sudah menyala kembali pada pukul 21.35 Wita.

Dia menyebutkan daerah yang mengalami pemadaman listrik untuk Tarakan 04 yaitu sebagian Jalan Kusuma Bangsa dan Lingkas Ujung. “Kami memohon maaf dan maklum atas ketidaknyamanan tersebut, ini juga dalam upaya kami meningkatkan kehandalan jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah SUTM 20 kV,” demikian Suparje. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here