Calon Pengantin Harus Dibekali Persiapan, Kemenag Kaltara Siapkan Tenaga Pendidiknya

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kaltara akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitator Perkawinan Pra Nikah kepada calon pengantin.

Bimtek ini dilaksanakan di Hotel Lotus Panaya di Tarakan yang secara resmi dimulai kemarin hingga 27 Agustus nanti yang diikuti 56 calon tenaga pendidik.

“Tujuan kegiatan ini agar tenaga pendidiknya bisa menguasai materi bimtek untuk memberikan edukasi kepada calon pengantin. Bahwa menikah itu harus ada persiapan. Misalnya kewajiban istri dan suami,” terang Kapala Seksi Urais, Bina KUA, dan Keluarga Sakinah Kemenag Kaltara, H.Saimin, S.Ag, MM.

Menurutnya, bekal utama yang harus dimiliki setiap calon pengantin adalah tentang ajaran agama. Lainnya adalah tentang bagaimana menata keluarga dengan baik, kesiapan reproduksi dan lainnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 56 peserta dari berbagai peranan dan fungsinya. Yaitu mulai dari Kasi Bimas, Kepala KUA, penghulu, penyuluh, PNS dan unsur lainnya yang tersebar di kabupaten kota se Kaltara. Termasuk tenaga ahli.

“Setidaknya si calon pengatin paham tentang kehidupan berekonomi, karena banyak hal yang dia hadapi setelah dia menikah itu,” katanya.

Dia menyebutkan, saat ini Kaltara baru memiliki 17 tenaga ahli. Sehingga jika ditambahkan dengan 56 peserta Bimtek ini maka Kaltara akan memiliki 73 orang.

“Total (tenaga ahli) cukup, dan sudah sangat ideal kalau satu bulan satu orang yang menangani 4 atau 5 pasang calon penganton itu saya kira cukup,” sebutnya. Dia menambahkan kegiatan ini telah menerapkan protokol kesehatan. Misalnya sebelum mengikuti acara setiap peserta wajib dilakukan rapid test. (pri/sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here