Partisipasi Pemilih di Tarakan Ditarget 77,5 Persen, Relawan Demokrasi Dibekali Bimtek Tertib Administrasi

KPU Tarakan ketika menggelar Bimtek kepada relawan demokrasi Pilgub Kaltara 2020. (Foto: Siti Hardiani/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Mengusung tema Masyarakat Cerdas Berdemokrasi Bersama Kita Mampu Capai Partisipan Pemilih 77,5 persen, KPU Tarakan menggelar agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) Relawan Demokrasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara 2020.

Komisioner KPU Tarakan, Herry Fitrian menuturkan bahwa acara ini digelar untuk mensosialisasikan kepada relawan demokrasi yang nantinya akan menjadi perpanjangan tangan KPU meningkatkan partisipasi pemilih.

“Di Tarakan ada 50 relawan demokrasi dan sebenarnya sudah bekerja per tanggal 6 September. Tugas mereka untuk membantu kita (KPU) dalam sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih pada Pilgub Kaltara tahun ini,” jelasnya kepada wartawan.

Puluhan relawan demokrasi tersebut dibagi sepuluh kategori sesuai basis yang dituju KPU Tarakan. Diantaranya, komunitas, pelajar, netizen, agama dan lainnya.

“Dari basis pelajar, komunitas dan netizen menyasar pada pemilih pemula atau yang Pilkada atau Pemilu sebelumnya belum memenuhi syarat untuk memilih. Karena minimal umur 17 tahun atau yang sudah menikah,” terangnya.

Bimtek tersebut juga dimaksudkan untuk melatih para relawan demokrasi terkait administrasi keuangan dengan cermat dari setiap kegiatan yang dilakukan.

“Soal administrasi ini jangan sampai mereka tidak mengerti dalam setiap mengelola kegiatan, karena banyak jenis kegiatan yang mereka lakukan, baik secara door to door, daring dan lain-lain,” demikian Herry Fitrian. (ani/sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here