Camat Bahau Hulu jabat Kepala Desa di 6 Desa

Camat Bahau Hulu Victor Romawan

KAYANTARA.COM, MALINAU – Upaya memberikan motivasi dan semangat bagi seluruh aparatur desa di wilayah Kecamatan Bahau Hulu. Camat Bahau Hulu Victor Romawan membuat sebuah gebrakan baru dengan menjabat sebagai Kepala Desa di enam Desa di wilayahnya selama enam hari.

Hulu Victor Romawan mengatakan, gebarakan yang dilakukan menjabat sebagai kepala desa sehari bertujuan untuk menumbuh kembangkan kesadaran dan tanggungjawab aparatur desa terhadap tugas pokok dan fungsinya. “Selain itu juga menumbuhkan semangat gotong royong dan kebersamaan ditengah-tengah masyarakat desa,” ujar Victor, jumat (18/9).

Menurut dia, menjabat sebagai Camat tidak serta merta hanya duduk di kantor saja. Melainkan harus turun ke setiap desa dan lebih dekat dengan masyarakat desa. “Jadi sebagai seorang camat, tidak hanya bersantai-santai di kantor. Tapi bagaimana seorang camat itu turun menyapa ke desa-desa dan dekat dengan masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakannya, gebrakan yang dilakukan sudah terjadwal. Untuk pertama dilaksanakan di Desa Long Tebulo. Lalu kemudian akan dilanjutkan ke desa lain secara bergantian. “Kemarin saya 6 hari di Desa Long Tebulo menjadi kepala desa. Kehadiran saya disana ternyata disambut luar biasa dan masyarakat sangat mendukung selama berada di desa itu,” ungkapnya.

Mengapa demikian, kata Victor, selama enam hari di desa tersebut dirinya memberikan rangkaian kegiatan terutama dalam pembinaan dan pemberdayaan terhadap aparatur desa. “Jadi awal pertama jadi Kades, saya melakukan pembinaan langsung ke aparatur desa dengan membangun komitmen kerja perangkat desa. Melalui papan komitmen yang ditanda tangani perangkat desa,” ujarnya.

Dikatakannya, papan komitmen yang dibuat itu agar memberikan peningkatan kinerja bagi pemerintah desa long tebulo. Diharapkan, dapat mengugah kesadaran dan rasa tanggungjawab mereka dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

Tidak hanya itu, diakuinya, dari segi pengembangan SDM di pemerintahan desa memang belum memadai. Terlebih lagi, memang di wilayahnya merupakan daerah perbatasan. “Jadi bukan semata-mata dari tingkat pendidikan yang masih rendah. Tetapi pada kesadaran dan kemauan untuk belajar dan berproses menjadi lebih baik dalam tugas. Karena itu, kegiatan ini harus dilaksanakan,” terang dia.

Selain pembinaan terhadap SDM aparatur desa, lanjut Victor mengatakan, banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Semisalnya, pembinaan terhadap TP PKK Desa dalam pengembangan UP2K, kegiatan kerja bakti, serta upaya melestarikan dan mengembangkan ekosistem sungai dengan menebar benih ikan di sungai tebulo dan sungai bahau. “Selain itu juga memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga desa. Monitoring dan pembinaan siswa sekolah dan tenaga guru. Serta tatap muka dengan masyarakat desa long tebulo,” jelasnya.

Dalam kegiatan Camat Ngades ini, diakuinya tidak sendiri berperan. Namun, dibantu dengan dari stakeholder kecamatan bahau hulu diantaranya TP PKK Kecamatan, Kepala Adat Besar Bahau Hulu, Kapospol, UPT Puskesmas Long Alongo dan jajaran Camat Bahau HUlu. “Jadi semua mengambil peran dan tugas dalam rangkaian kegiatan di desa Long Tebulo ini. Dan memang tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Long Tebulo Yusuf Apui melihat gebrakan dari Camat Bahau Hulu tersebut tentu memiliki nilai positif. Bahkan, kedatangan Pemerintah Kecamatan selama enam hari disambut hangat oleh masyarakat desa.

“Masyarakat sangat senang dengan gebrakan yang dilakukan oleh Pak Camat. Tentu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami. Terlebih lagi membangun semangat gotong royong, serta memotivasi para aparatur desa dalam menjalani tugas dan pekerjaannya masing-masing,” pungkasnya. (adv/man)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here