Pemprov Gencarkan Sosialisasi Diversifikasi Pangan

Kegiatan Sosialisasi Diversifikasi Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras Tahun 2020 oleh DPKP Kaltara di Tarakan, Selasa (29/9)

KAYANTARA.COM – TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terus menggencarkan program diversifikasi pangan. Kali ini Sosialisasi Diversifikasi Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras Tahun 2020 bertema “Sehat, Bahagia dengan Pangan Lokal” kembali digelar bertempat di Gedung Gadis, Kota Tarakan, Selasa (29/9).

Sosialisasi ini merupakan kegiatan rangkaian sosialisasi yang diadakan di seluruh Kabupaten/ Kota di Kaltara. “Sebelumnya kita sudah adakan di Bulungan dan Nunukan. Lalu kali ini di Tarakan. Untuk selanjutnya akan digelar di Malinau dan KTT”, ujar Kepala DPKP Kaltara, Wahyuni Nuzband.

Diversifikasi pangan merupakan upaya untuk mendorong masyarakat agar memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja. Konsep diversifikasi konsumsi pangan diartikan sebagai pengurangan konsumsi beras yang dikompensasi oleh penambahan konsumsi bahan pangan non beras. Ini dilakukan untuk penyediaan pangan alternatif, menggerakan ekonomi dan mewujudkan sumber daya manusia yang sehat.

“Sekaligus untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai pangan lokal sumber karbohidrat selain beras. Jika konsumsi pangan lokal sumber karbohidrat non beras dapat meningkat, maka usaha Mikro kecil dan menengah (UMKM) pangan lokal di Kaltara pun dapat berkembang”, katanya. 

Indonesia sebenarnya mempunyai banyak jenis panganan lokal yang perlu dibiasakan ke masyarakat luas, khususnya sumber karbohidrat. Ada jagung, ubi kayu, ubi jalar, talas atau keladi, kentang, sukun, pisang, dan sagu. Kaltara sendiri, merupakan lokus peningkatan konsumsi ubi kayu. (humas)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here