Pemkab Gelar Rapat Virtual Update Perkembangan PLTA Mentarang

Sekretaris Daerah Dr.Ernes Silvanus.,M.Si saat berdialog dengan perwakilan PT KHPN secara virtual.

KAYANTARA.COM, MALINAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau menggelar rapat virtual bersama PT Kayah Hidro Power Nusantara, investor pembangunan PLTA Mentarang Induk, di Ruang Laga Fratu, Kantor Bupati Malinau, Rabu (30/9) pagi.

Rapat virtual tersebut dipimpin Sekretaris Daerah Malinau Dr.Ernes Silvanus didampingi Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Ir Kristian Muned, Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs.Tan Irang dan Kepala Dinas PTSMP Elisa.

Tidak hanya itu, Kepala Dinas teknis lainnya juga turut hadir. Seperti Dinas Lingkungan Hidup Malinau Frent Tomi Lukas, DPUPR Perkim Malinau Dr.Tomi Labo, Bappeda Malinau Dr.Kristian Radang dan beberapa dinas lainnya.

Usai rapat virtual, Sekretaris Daerah Malinau Dr.Ernes Silvanus menyampaikan bahwa pertemuan tersebut merupakan tindaklanjut dari perkembangan perencanaan pembangunan PLTA Mentarang Induk, yang disampaikan perwakilan PT Kayan Hydro Power Nusantara.

“Mereka menyampaikan apa-apa saja yang sudah dilakukan selama periode 2020 ini. Dimulai dari Maret hingga September ini,” ujarnya.

Menurut dia, seyogianya tahapan pembangunan PLTA Mentarang induk sudah bisa dilaksanakan tahun ini. Tetapi, ada pandemi Covid-19. Sehingga mengalami kendala. “Sebenarnya tahapan itu sudah jauh dari perenanaan yang ada. Mulai dari penyusunan amdal, proses perizinan dan relokasi. Tapi terjadi Covid-19, sehingga kita boleh katakan kegiatan hampir stagnan,” jelasnya.

Meski memiliki hambatan, Ernes menegaskan, administrasi yang dilakukan investor sudah terlaksana dengan baik. “Secara administrasi, mereka sudah melakukan prosesnya. Terpenting itu, tinggal bagaimana proses penataan ruang dan izin lokasi baik yang menjadi kewenangan kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat,” pungkasnya. (adv/eby)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here