Desk Pilkada 2020 di Malinau Resmi Terbentuk

Rapat pembentukan desk Pilkada 9 Desember 2020 yang dipimpin Sekda Malinau Ernes Silvanus dalam menyukseskan Pilkada Serentak tahun ini.

KAYANTARA.COM, MALINAU – Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau Dr.Ernes Silvanus mempimpin rapat terkait pembentukan desk Pilkada 9 Desember 2020.

Pembentukan struktur desk Pilkada, jelas dia, berdasarkan surat edaran dan SK bupati.

“Dalam SK itu, saya selaku Sekda ditunjuk selaku ketua. dan diminta untuk membentuk strukturnya mulai dari bidang informasi, advokasi, dan kesekretariatan,” terangnya kepada wartawan, Rabu (21/10).

Sekretariat desk Pilkada 2020 di Malinau, akan ditempatkan di Setda Malinau. Hal ini bertujuan untuk lebih mempermudah koordinasi dalam mengawal Pilkada.

“Jadi fungsi dari kesekretariatan ini tidak hanya melaporkan setiap harinya, tetapi bagaimana nanti dapat besinergi dengan KPU dan Bawaslu dalam mensosialisasikan tentang Pilkada maupun informasi-informasi lainnya,” katanya.

Terutama dalam mengawal pendistribusian logistik, kata Ernes, tentu tidak hanya peran dari penyelenggara saja yang melaksanakannya. Melainkan juga peranan pemerintah daerah juga ada.

“Kita pastikan akan memback up penyelenggara dalam hal ini KPU untuk mendistribusikan logistic terutama di wilayah pedalaman dan perbatasan,” ungkapnya.

Terlebih lagi, kata Ernes, bahwa desk pilkada ini juga telah dianggarkan melalui APBD perubahan. “Bahkan sudah berjalan selama ini dan aktif. tetapi fungsionalnya masih dilaksanakan di Kesbangpol,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, dalam desk pilkada ini peranan dari pemerintaha kecamatan dan desa juga dilibatkan dalam memberikan informasi-informasi yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Artinya kita juga membutuhkan informasi dari setiap kecamatan dan desa. Kalau perlu juga akna dibentuk ditingkat kecamatan dan desa,” jelasnya.

Dia berharap proses pilkada di bumi intimung ini dapat berjalan dengan baik dan pemerintah akan terus berupaya terlibat dalam mensukseskan Pilkada 2020 agar tetap kondusif dan aman.

Untuk diketahui dalam rapat koordinasi itu, dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kesbangpol, Dinas Perhubungan dan beberapa instansi terkait. (adv/eby)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here