Diduga Disambar Petir, Satu Rumah Warga Juata Laut Ludes Terbakar

Warga Juata Laut saat berusaha memadamkan kobakaran api yang melahap salah satu rumah warga, petang tadi. (Foto: IST)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Si jago merah kembali mengamuk di Kelurahan Juata Laut Kecamatan Tarakan Utara sekitar pukul 15.45 Wita, Senin (9/11/2020).

Beruntung kebakaran ini hanya menghanguskan satu rumah warga yang dihuni Hasan di Jalan Misaya Satu RT 01 usai petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan kobaran api.

Kepala Seksi Ops PMK Tarakan Irwan mengatakan pemadaman dilakukan oleh PMK Sektor Utara bersama warga dan Pertamina.

“Pemadaman berlangsung sekitra waktu 10 menit, api sudah dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan pendinginan serta penguraian terhadap material yang terbakar sekaligus memastikan bahwa api benar-benar telah padam,” katanya. Ia juga belum dapat menyebutkan penyebab kebakaran tersebut.

Meski demikian berdasarkan saksi mata dari warga yang tak jauh dari lokasi mengatakan kemunculan asap di rumah itu terjadi saat petir melanda di daerah tersebut. Seketika itu juga api langsung melahap rumah Hasan.

“Saat kebakaran rumah tersebut dalam keadaan terkunci. Karena pemilik rumah tidak ada di rumah,” ungkapnya.

Ia menambahkan saat proses pemadaman akses jalan menuju ke lokasi sangat sempit dan banyaknya kabel listrik serta telepon maupun kabel tv melintang rendah. Sehingga mengakibatkan armada tidak leluasa bergerak.

Selain itu minimnya sarana komunikasi semisal radio HT  dan tidak adanya repeater radio di wilayah tersebut. “Akibatnya tidak ada komunikasi saat di lokasi, serta peralatan PMK yang sudah usang dan tidak layak jalan,” katanya.

Dalam pemadaman ini PMK menurunkan 15 personel, 10 fire brigade Pertamina, dan 2 orang ambulans 112. Adapun armada yang digunakan antara lain, 4 unit suply truck PMK, 1 unit fire truck PMK, 1 unit Fire scania pertamina, 1 unit fire jip pertamina, dan 1 unit ambulance 112. (mil)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here